Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Gondangwetan
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 6 Memamahi keanekaragaman mahkluk hidup
Kompetensi dasar : 6.2. Mengklasifikasikan mahkluk hidup berdasarkan ciri-ciriyang dimiliki
Indikator : - membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.
- Membedakan mahkluk hidup satu dengan lainnya berdasarkan ciri yang dimiliki
- Menggunakan kunci determinan sederhana
Aloksi waktu : 10 x 40 menit (3 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Menjelaskan ciri-ciridari Kingdom Monera dan memberi contohnya
2. Menjelaskan ciri-ciri Kingdom Protista dan memebri contohnya.
Pertemuan ke 2
1. Menjelaskan ciri-ciri dari Kingdom Fungi dan memberi contohnya
2. Menjelaskan ciri-ciri dari Kingdom Plantoe dan memberi contohnya
3. Menjelaskan ciri-ciri dari Kingdom Animalia dan memebri contohnya.
Pertemuan ke 3
1. Menjelaskan ciri-ciri yang dimiliki oleh kelompok tumbuhan monokoil dan memberi contohnya
2. Menjelaskan ciri-ciri yang dimilki oleh kelompok tumbuhan dikotil dan memberi contohnya.
3. Menyebutkan perbedaan ciri antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil
Pertemuan ke 4
1. Menggunakan kunci determinasi sederhana
2. Menjelaskan penggunaan kunci determinasi sederhana
Pertemuan ke 5
Membuat/menyusun kunci determinasi sederhana
B. Materi Pembelajaran
- Ciri-ciri 5 kingdom dengan contohnya
- Perbedaan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki, sebagai contoh : diambil dari tumbuhan monokotil dan dikotil
- Penggunaan kunci determinasi sederhana
- Pembuatan kunci determinasi sederhana
C. Metode Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Model : Direc intruction (D1)
2. Metode : - Eksperimen
- Diskusi kelompok
Pertemuan ke 2
1. Model : D1
2. Metode : - Eksperimen
- Diskusi kelompok
Pertemuan ke 3
1. Model : D1
2. Metode : - Pengamatan
- Diskusi kelompok
Pertemuan ke 4
1. Model : D1
2. Metode : - Diskusi informasi
Pertemuan ke 5
1. Model : D1
2. Metode : - Pengamatan
- Diskusi informasi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke 1
a. Kegiatan pendahuluan
- Motivasi
- lihatlah air yang kamu baawa, termasuk air bersih atau air kotor ?
- Pernahkah kalian makan keju, yoghurt, nata de coco ?
- Prasayarat pengetahuan : apakah yang kamu ketahui tentang keju, yoghurt, dan nota decoco ? apakah yang kamu lihat, warna air tersebut
- Pra eksperimen : - Berhati-hatilah dalam menggunakan mikroskop
b. Kegiatan inti
· Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok
· Guru membimbing siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen
· Guru megawati sambil mengarahkan masing-masing kelompok dalam pengamatan/eksperimen
· Guru meminta siswa menggambar hasil temuan dalam mikroskop
· Guru meminta siswa : menuliskan ciri-ciri dari kingdom yang diamati. Kemudian masing-masing kelompok membacakannya secara bergantian.
· Guru menanggapi laporan masing-masing kelompok, dan memberikan informasi yang benar.
c. Kegiatan penutup
· Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja di bicarakan/dibahas
· Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan
Pertemuan ke 2
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motivasi dan apresepsi
- Perhatikan bahan-bahan eksperiman yang ada didepanmu
- Prasarat pengetahuan
- Apa sajakah perbedaan bahan-bahan tersebut ?
b. Kegiatan Inti
· Guru meminta siswa untuk meunju ke kelompoknya masing-masing dan menyiapkan bahan-bahan eksperimen yang sudah ada.
· Secara kelompok siswa mengamati bahan-bahan jamur, beberapa jenis tumbuhan dan beberapa jenis hewan yang sudah disediakan
· Guru meminta masing-masing kelompok membedakan ciri-ciri dari makhluk/bahan yang diamati tersebut.
· Guru meminta masing-masing kelompok mendiskusikan kemudian melaporkan ciri-ciri bahan yang diamati secara bergantian
· Guru menganggapi laporan masing-masing kelompok, dan memberikan informasi yang benar.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberi waktu pada siswa untuk bertanya.
· Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan.
Pertemuan ke 3
a. Kegiatan pendahuluan
- Motivasi dan apresepsi :
- Perhatikan tumbuh-tumbuhan yang ada diluar kelas/di sekitar sekolah.
- Prasyarat pengetahuan :
- Bagaimana perbedaan tentang bentuk batang dan bentuk daun dari tumbuh-tumbuhan tersebut ?
b. Kegiantan inti
· Guru meminta siswa untuk menuju ke kelompoknya masing-masing kemudian menyiapkan bahan-bahan yang akan diamati.
· Dengan kelompoknya, siswa bersama-sama mengamati ciri-ciri masing-masing tumbuhan
· Guru mengamati kerja siswa, dan menjawab pertanyaan dari siswa.
· Guru meminta siswa mencari perbedaan ciri dari macam-macam tumbuhan yang diamati, kemudian mengelompokkannya.
c. Kegiatan penutup
· Masing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatannya
· Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari hasil pengamatan
Pertemuan ke 4
a. Kegiatan pendahuluan
Motivasi : Perhatikan macam-macam tumbuhan yang ada di depanmu.
Prasyarat pengetahuan :
- Apakah macam-macam tumbuhan tersebut mempunyai bentuk dan ciri yang sama
b. Kegiatan inti
· Guru meminta siswa untuk menuju kelompoknya masing-masing, kemudian menyiapkan bahan yang akan diamati.
· Guru meminta siswa bersama kelompoknya mengamati ciri-ciri masing-masing tumbuhan yang tersedia.
· Guru memberi informasi tenatng pengertian dan tujuan penggunaan kunci determinasi sederhana.
· Guru membimbing siswa bagaimana cara menggunakan kunci determinasi sederhana.
· Dari hasil pengamatan, masing-masing kelompok memasukkan ciri-ciri tumbuhan yang sesuai dengan ciri yang ada pada daftar kunci determinasi yang sudah disediakan.
· Guru meminta masing-masing kelompok secara bergantian melaporkan hasilnya.
· Guru memberi waktu untuk bertanya pada siswa.
c. Kegiatan penutup
Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan.
Pertemuan ke 5
a. Kegiatan pendahuluan
Motivasi : - Amatilah gambar beberapa macam gambar hewan yang sudah kamu sediakan.
Prasyarat pengetahuan :
- Bagaimana tentang ciri-ciri hewan-hewan tersebut ?
b. Kegiatan inti
· Guru meminta siswa bersama kelompoknya masing-masing berdiskusi membedakan ciri-ciri dari hewan-hewan yang gambarnya sudah disediakan.
· Masing-masing kelompok menyusun kunci determinasi dari data pengamatan dan hasil diskusi
· Masing-masing kelompok melaporkan hasilnya dengan menuliskan daftar kunci determinasi pada papan yang sudah disediakan, secara bergantian.
· Guru memberikan tanggapan pada masing-masing kelompok.
c. Kegiatan penutup
· Guru memberi pujian pada kelompok yang sudah betul dan memberi semangat/dorongan pada kelompok yang salah.
· Guru menugaskan siswa dirumah untuk menyusun kunci determinasi, dengan mencari data dari 5 jenis tumbuhan atau hewan yang ada disekitar rumah.
E. Sumber Belajar
· Buku penunjang
· Macam-macam makhluk hidup yang dibutuhkan dialam sekitar.
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
Tes unjuk kerja
2. Bentuk instrument
- Tes identifikasi
- Tes uji petik kerja prosedur
Catatan :
- LKS dari KD : 6.2. terlampir
3. Instrument :
Ulangan Harian :
v Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1. Apa sajakah ciri-ciri yang dimiliki oleh kingdom monera ? sebutkan 2
2. Sebutkan contohnya 2
3. Apa sajakah ciri-ciri yang dimiliki oleh kingdom
4. Sebutkan 2 contohnya.
5. Apa sajakah ciri-ciri yang dimiliki oleh kingdom fungi ? Sebutkan 3
6. Sebutkan contohnya
7. Sebutkan 3 ciri pada kingdom Plantae
8. Sebutkan contohnya 3
9. Sebutkan 3 ciri pada kingdom Animalia
10. Sebutkan contohnya 4
Penugasan :
v Isilah tabel perbedaan ciri tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil, serta contohnya !
No | Bagian Tubuh | Monokotil | Contoh | Dikotil | Contoh |
1 2 3 4 5 6 7 | Akar Batang Bentukdaun Tulang daun Bunga Biji Kambium | | | | |
Penugasan
v Perhatikan kunci determinasi di bawah ini, kemudian carilah ciri-ciri serta kelompoknya, dengan menuliskan nomor urut yang ada !
1. a. Bertulang belakang 2
b. Tidak bertulang belakang 6
2. a. Suhu tubuh tetap 3
b. Suhu tubuh tidak tetap 4
3. a. Tubuh tertutup bulu aves
b. Tubuh tidak tertutup bulu Mamalia
4. a. Bergerak dengan sirip Ikan/pisces
b. Tidak bergerak dengan siripnya 5
5. a. Mengalami metamorfosis Ampibi
b. Tidakmengalami metamorfosis Reptil
6. a. Mempunyai kerangka luar Arthropoda
b. Tidak mempunyai kerangka luar Vermes
No | Nama Hewan | Urutan nomor yang ditemukan | Kelompok |
1 2 3 4 5 6 7 | Burung Kera Ikan Katak Kadal Kupu-kpu Cacing tanah | | |
Tugas : dirumah
v Buatlah kunci determinasi dengan mengamati ciri-ciri 5 jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggalmu !.
Mengetahui | | Gondang wetan, ………………. 2011 |
Kepala SMPN 1 GONDANGWETAN | Guru Mata Pelajaran | |
Hj.TANTI RAHAYU, S.Pd, M.M NIP.19600705 198101 2 002 | | ANIK SULISTYOWATI, S.Pd NIP.19741212 200801 2 012 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Gondangwetan
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi:
6. Memahami Keanekaragaman Makhluk HIdup
Kompetensi Dasar:
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Indikator:
- Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasar hasil pengamatan menggunakan mikroskop
- Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya berdasar pengamatan menggunakan mikroskop
- Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasar hasil pengamatan
- Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh organisme
Alokasi waktu:
6 jam pelajaran ( 3x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran:
- Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian sel
2. Menjelaskan perkembangan teori sel
3. Menggambarkan sel tumbuhan dan sel hewan bila dilihat dengan mikroskop
4. Menjelaskan fungsi bagian-bagian sel
5. Menggambarkan sel hewan dan sel tumbuhan bila dilihat dengan mikroskop elektron
6. Menjelaskan funngsi organel-organel sel
7. Menjelaskan persamaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan
8. Menjelaskan perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan
9. Menggambarkan baik sel hewan maupun sel tumbuhhan hasil pengamatan mikroskop
10. Menggambarkan macam-macam jaringan dari organ daun hasil pengamatan mikroskop
11. Membandingkan antara sel prokariotik dengan sel eukariotik
12. Menjelaskan pengertian sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme
13. Memberikan contoh macam sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme baik dari tumbuhan maupun hewan / manusia
14. Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme.
A. Materi Pembelajaran
· Keragaman pada tingkat organisasi kehidupan
B. Metode Pembelajaran
- Model:
2. Pengajaran langsung
3. Pembelajaran kooperatif
- Metode:
4. Diskusi Kelompok
5. Eksperimen
C. Langkah-langkah Kegiatan :
- Pertemuan Pertama (I)
a. Kegiatan pendahuluan
· Motivasi:
6. Apakah kamu pernah mendengar istilah sel?
· Pengetahuan prasarat:
7. Coba sebutkan contoh dari macam-macam sel yang kamu ketahui!
· Pra eksperimen:
8. Hati-hati dalam menggunakan mikroskop
b. Kegiatan Inti:
· Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
· Guru memberikan pengarahan pada siswa tentang pembuatan preparat sel tumbuhan (sel epidermis bawang merah) dan preparat sel hewan (sel epitel mulut manusia)
· Siswam mengamati sel epidermis bawang merah dan sel epitel mulut manusia sambil menggambarkan hasil pengamatan di buku tulis dan menyebutnya bagian-bagian selnya
c. Kegiatan Penutup
· Siswa diminta untuk menggambarkan sel epidermis bawang merah dan menyebutkan bagian-bagian selnya di papan tulis
· Guru beserta anak didik diminta untuk menyimpulkan tentang perbedaan dan persamaan antara sel tumbuhan dan sel hewan
· Guru memberi tugas pada siswa untuk mencatat hal-hal penting yang ada di buku siswa atau buku pegangan lainnya, terutama yang menyangkut tentang:
- Teori sel
- Gambar sel tumbuhhan dan sel hewan beserta organel-organelnya, bila dilihat dengan mikroskop elektron (beserta keterangan fungsi masing-masing bagian sel dan organel-organel selnya)
- Beda antara sel prokariotik dan sel eukariotik
- Pertemuan Ke dua (II)
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi:
- Apakah yang dimaksud dengan jaringan?
· Prasarat pengetahuan
- Coba sebutkan salah satu macam jaringan yang kamu ketahui!
b. Kegiatan Inti
· Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
· Guru memberikan pengarahan tentang pembuatan preparat basah: macam-macam jaringan, dari organ daun dan cara pengamatan preparat jadi dari berbagai macam organ pada hewan / manusia
· Siswa diminta untuk mengambil mikroskop dan perlengkapannya
· Siswa mengamati berbagai macam jaringan dari preparat basah maupun preparat jadi
· Siswa menggambar macam-macam jaringan dari organ dan maupun menggambar macam-macam jaringan dari preparat jadi
c. Kegiatan Penutup
· Siswa menggambarkan di papan tulis tentang macam-macam jaringan pada organ daun dan menyebutkan nama dari masing-masing jaringan tersebut
· Untuk pekerjaan rumah:
- Siswa diminta untuk mencatat macam-macam jaringan baik pada tumbuhan maupun pada hewan/manusia dari buku pegangan
- Siswa diminta untuk membaca tentang macam-macam organ, sistemnya dan organisme baik pada tumbuhan maupun pada hewan untuk pertemuan berikutnya.
- Pertemuan Ketiga (III)
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi
- Apakah yang dimaksud dengan organ?
· Prasarat pengetahuan:
- Coba sebutkan macam-macam organ yang terdapat baik pada tumbuhan maupun pada hewan / manusia
b. Kegiatan Inti
- Guru membagi anak didik dalam kelompok-kelompok
- Guru meminta siswa untuk mendiskusikan :
· Macam-macam organ penyusun sistem organ baik pada tumbuhan maupun pada manusia
· Macam-macam sistem organ penyusun organisme
· Hubungan antara sel, jaringan,organ dan sistem organ dan organisme
- Setelah diskusi selesai, siswa tampil ke depan untuk menyebutkan macam-macamnya penyusun sistem organ dengan menggunakan alat peraga / charta
c. Kegiatan Penutup
- Siswa diberi tugas untuk mempelajari tentang organisme kehidupan untuk persiapan ulangan
D. Sumber Belajar
- Buku paket sekolah
- Buku referensi
- LKS
- Alat-alat praktikum
E. Penilaian Hasil Belajar
- Teknik penilaian
- Tes tertulis
- Bentuk Instrumen
- Isian dan pilihan ganda
Mengetahui | | Gondang wetan, ………………. 2011 |
Kepala SMPN 1 GONDANGWETAN | | Guru Mata Pelajaran |
Hj.TANTI RAHAYU, S.Pd, M.M NIP.19600705 198101 2 002 | | ANIK SULISTYOWATI, S.Pd NIP.19741212 200801 2 012 |
Nama/Kel. ____________________ Tanggal_____________ Kelas____________
Membandingkan Sel Hewan dengan Tumbuhan
Apa yang kamu perlukan?
· Bawang merah
· Epitel pipi manusia
· Sendok es krim / batang korek api
· Mikroskop
· Pisau atau silet
· Kaca benda
· Kaca penutup
· Pipet tetes
· Air
Apa yang akan kamu lakukan ?
Bagian A : Pengamatan sel bawang merah
1. Kupaslah bagian luar bawang merah secara tipis dan potonglah umbi lapis bawang merah secara membujur menjadi dua belahan!
2. Angkat salah satu lapis tipis dari yang lain dan letakkan di atas kaca benda! Mintalah bantuan guru!
3. Tetesilah dengan tetesan air!
4. Tutup dengan kaca penutup!
5. Amatilah di bawah mikroskop!
6. Gambarlah hasil pengamatanmu pada tempat dibawah ini, dan tentukan bagian-bagian membran sel, dinding sel, sitoplasma, inti sel dan vakuola.
Bagian B : pengamatan sel epitel mulut manusia
1. Ambilah epitel pipi kalian dengan menggunakan ujung batang korek api, letakkan pada kaca benda yang telah di beri setetes air, tutup dengan kaca penutup, dan amatilah dibawah mikroskop!
2. Gambarlah hasil pengamatanmuu pada tempat yang telah disediakan! Tentukan bagian membran sel, sitoplasma, dan inti!
Bagian C :
Gunakan buku siswa untuk menemukan dan menentukan fungsi dari masing-masing bagian sel berikut :
1. Dinding sel
2. Kloroplas
3. Sitoplasma
4. Intisel
5. Vakuokal
6. Membran sel
7. Mitrokondria
1. Tuliskan bagian-bagian / organel-organel yang umumnya dapat ditemukan baik pada sel tumbuhan maupun hewan!
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Dari hasil pengamatanmu melalui mikroskop, menurut pendapatmu unit terkecil apakah yang menyusun makhluk hidup?
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Sebutkan 3 perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan.
Perbedaan | Sel Hewan | Sel Tumbuhan |
1. 2. 3. | | |
LKS
JARINGAN
· Tujuan : Mengamati jaringan daun Rhoe discolor :
· Alat dan bahan :
- Mikroskop
- Kaca Benda
- Kaca penutup
- Pipet tetes
- Beaker glass 100 ml
- Air
- Daun roe discolor
· Cara kerja :
- Ambil daun roe discolor, kemudian sayat permukaan bawahnya dengan bantuan cutter
- Letakkan hasil sayatan tersebut pada kaca benda
- Beri satu tetes air dengan menggunakan pipet tetes kemudian tutup dengan kaca penutup
- Letakkan prepart tersebut pada meja mikoskop
- Lakukan pengamatan dengan pembesaran paling lemah dan fokuskan pada jaringan yang terlihat.
- Untuk melihat lebih jelas bagian dari jaringan maka gunakanlah pembesaran yang lebih kuat.
- Gambarlah hasil pengamatan anda.
- Hasil pengamatan
· Bahan diskusi :
- Sebutkan macan-macam jaringa yang kamu temukan :
- Sebutkan fungsi dari masing-masing jaringan tersebut !
ORGAN, SISTEM ORGAN DAN ORGANISME
Sekelompok sel yang sama bentuk dan fungsinya akan membentuk jaringan. Jaringan pada mkhluk hidup multiseluler berbeda-beda dan mempunyai fungsi tersendiri. Beberapa macam jaringan bekerja sama membentuk organ. Beberapa organ akan mementuk sistem organ. Di dalam sistem organ, organ–organ membentuknya akan bekerja sama dalam menjalankan fungsi tertentu. Selanjutnya, sistem organ akan membentuk organisme ( makhluk hidup ).
Tujuan : mengenal macam-macam organ pada tumbuhan dan hewan beserta
fungsinya
Carta : bermacam-macam organ yang membentuk sistem organ pada hewan
dan tumbuhan
Perhatikan gambar di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaan–pertanyaannya!
A. Organ Tumbuhan
B. Organ pada manusia
Bahan Diskusi
1. Berdasarkan gambar di atas sebutkan 6 organ tubuh pada manusia !
a. ................................................. d. .....................................................
b. ................................................. e. .....................................................
c. ................................................. f. ......................................................
2. Perhatikan pada organ lambung diatas
a. ...................................................................................................................
b. ...................................................................................................................
3. Jadi organ tersebut oleh beberapa ........................................yang bekerja sama
4. Sebutkan 3 macam organ pada tumbuhan dan jelaskan fungsi masing-masing.
a. Organ .................................................... Berfungsi....................................... .............................................................................................................................
b. Organ .................................................... Berfungsi....................................... .............................................................................................................................
c. Organ .................................................... Berfungsi....................................... .............................................................................................................................
5. Tersusun oleh jaringan apakah organ daun?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Sistem Organ Pada Manusia
Bahan Diskusi
- Apa nama sistem organ pada kedua gambar di atas
a. .......................................................................................................................
b. ......................................................................................................................
- Sebutkan nama organ yang menyusun kedua sistem organ diatas!
a. Sistem .................................................... tersusun oleh organ :.................... .......................................................................................................................
b. Sistem .................................................... tersusun oleh organ :.................... .......................................................................................................................
- Jadi apa yang di maksud dengan sistem organ di atas ?
Jawab .................................................................................................................
.............................................................................................................................
- Sebutkan 3 macam sistem organ yang lain !
a. ......................................................................................................................
b. ......................................................................................................................
c. ......................................................................................................................
- Semua sistem organ bekerja sama membentuk suatu organisasi kehidupan yang disebut .......................................................................................................
............................................................................................................................
- Bila salah satu sistem organ mengalami gangguan, maka akan mempengaruhi sistem organ yang lain. Berikan contoh – contoh yang menunjukkan kenyataan di atas !
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
-
Lengkapilah bagan tentang organisasi kehidupan mulai dari yang paling sederhana.
- Pada bagian terakhir ini, cobalah kamu buat definisi/batasan sederhana tentang sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme.
a. Sel adalah .....................................................................................................
Contoh .........................................................................................................
b. Jaringan adalah ............................................................................................
Contoh .........................................................................................................
c. Organ adalah ................................................................................................
Contoh .........................................................................................................
d. Sistem organ adalah .....................................................................................
Contoh .........................................................................................................
e. Oragnisme adalah .........................................................................................
Contoh .........................................................................................................
INSTRUMEN PENILAIAN
( ORGANISASI KEHIDUPAN )
I. TES PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini yang paling tepat !
- Berikut merupakan salah satu ciri sel pada hewan adalah .....
a. Mempunyai dinding sel c. Mempunyai Plastida
b. Vakuola besar d. Tidak mempunyai plastida
- Salah satu ciri sel pada tumbuhan adalah ...
a. Mempunyai sentromer c. Vakuola kecil
b. Berdinding sel d. Tidak mempunyai kloroplas
- Bagian sel yang berperan mengatur semua kegiatan secara adalah ...
a. Mitokondria c. Nucleus
b. Selaput plasma d. Kromoson
- Organisme yang tumbuhnya terdiri dari satu sel sehingga seluruh kehidupannya dilakukan oleh sel itu sendiri disebut ...
a. Sitoplasma c. Protoplasma
b. Uniselluer d. Multiselluler
- Orang pertama yang mempelajari tentang sel adalah ...
a. Robert Einstein c. Robert Darwin
b. Robert Maltus d. Robert Hoki
- Kumpulan sel sejenis yang memiliki bentuk dan fungsi sama disebut ...
a. Jaringan c. Sistem organ
b. Organ d. Organisme
- Jaringan berikut yang hanya dimiliki oleh tumbuhan, kecuali ...
a. Pengangkat c. Bunga okarang
b. Saraf d. Epidermis
- Kambium merupakan jaringan yang terdapat pada...
a. Hewan tingkat rendah c. Tumbuhan tingkat rendah
b. Hewan tingkat tinggi d. Tumbuhan tingkat rendah
- Jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri dari...
a. Xylem dan Phlom c. Xylem dan kambium
b. Kambiun dan Pholem d. Xylem dan empulur
- Jaringan yang mengandung zat kapur dan sifatnya keras adalah...
a. Jaringan tulang c. Jaringan darah
b. Jaringan otot d. Jaringan ikat
- Di bawah ini merupakan organ pada tumbuhan adalah...
a. Kambium c. Stomata
b. Inti sel d. Daun
- Berikut ini merupakan organ pada hewan Vertebrata adalah ..
a. otot c. Sayap
b. darah d. Saraf
- Fungsi utama organ jantung manusia untuk ...
a. Mengedarkan makanan c. Memompa limfa
b. Memompa darah d. Menyaring darah
- Organ berikut berfungsi dalam sistem pengeluaran adalah
a. Lambung c. Kerongkongan
b. Ginjal d. Tenggorokan
- Alat berikut berperan utama pada sistem transportasi manusia adalah..
a. Jantung c. Ginjal
b. Paru-paru d. Hati
- Sistem organ yang berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap kuman penyakit ...
a. Sistem Respirasi c. Sistem limfe
b. Sistem ekskresi dan. Sistem saraf
- Paru-paru merupakan organ tubuh kita, sebagai pusat sistem ...
a. Saraf c. Pengeluaran
b. Pernafasan d. Hormon
- Kumpulan beberapa organ membentuk...
a. Jaringan c. Sistem organ
b. Organisme d. Sel
- Penyaringan darah termasuk kedalam sistem...
a. Pengangkutan c. Pernafasan
b. Pengeluaran d. Pencernaan
- System organ yang terdapat dalam tubuh adalah ...
a. Pengangkutan c. Pengeluaran
b. Pernafasan d. Penyusunan zat
Kunci :
- d Tidak mempunyai plastida
- b Berdinding sel
- c. Nukleus
- b Uniselluler
- d Robert Hooke
- a Jaringan
- b. Saraf
- d Tumbuhan
- a Xylem dan phloem
- a Jaringan tulang
- d Daun
- c Sayap
- b Memompa darah
- b Ginjal
- a Jantung
- c System limfe
- b Pernafasan
- c Sistem organ
- b Pengeluaran
- a Pengangkutan
# Skor =
Masing – masing nomor mempunyai skor : 1
TES ISIAN
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Apa yang di maksud dengan istilah berikut :
a. Sel prokariotik dan beri contohnya
b. Sel eukariotik dan beri contohnya
c. Makhluk hidup uniselluler dan beri contohnya
d. Makhluk hidup multiselluler dan beri contohnya
2. Gambarkan dan sebutkan 3 bagian utama dari sel...
3. Sebutkan 3 perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
4. a. Sebutkan 2 sistem organ pada manusia dan sebutkan pula nama organ
penyusunnya
b. Sebutkan 1 sistem organ pada tumbuhan dan sebutkan pula nama organ
penyusunnya
5. a. Apa yang di maksud dengan :
a. Sel c. Organ
b. Jaringan d. Sistem organ
b. Jelaskan hubungan antara sel, jaringan organ, sistem organ dan organisme
KUNCI JAWABAN :
- a. Sel yang tak mempunyai membran inti sel
Contoh : Bakteri dan alga biru
b. Sel yang mempunyai membran inti sel
Contoh : semua sel tumbuhan dan sel hewan/ manusia kecuali sel bakteri
dan sel alga biru
c. Makhluk hidup yang terdiri atas 1 sel
Contoh : protozoa dan laga bersel 1
d. Makhluk hidup yang terdiri atas banyak sel
Contoh : Semua tumbuhan, hewan dan manusia kecuali protozoa dan alga
bersel satu
3.
Perbedaan | Sel tumbuhan | Sel hewan |
a. Dinding sel b. Plastida c. Vakuola | Mempunyai Mempunyai Vakuola besar | Tak mempunyai Tak mempunyai vakuolakecil |
4. a. Sistem pencernaan
- Organ penyusunnya = mulut, kerongkongan, lambung, usus.
Sistem pernafasan :
- Organ penyusun = Hidung, paru-paru
b. Sistem pengangkutan
- Organ penyusun = akar, batang, daun
5. a. Sel : struktur dasar / bagian terkecil dari makhluk hidup
· Jaringan : kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama
· Organ : kumpulan dari jaringan yang mempunyai satu kesatuan
fungsi
· Sistem organ : kumpulan dari organ yang mempunyai satu kesatuan
fungsi
b. Organisme terdiri atas kumpulan sistem organ, sistem organ terdiri atas
kumpulan organ, organ terdiri atas kumpulan jaringan dan jaringan
terdiri atas kumpulan sel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Gondangwetan
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi :
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar :
7.1. Menentukan ekosistem dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem.
Indikator :
- Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem serta hubungan antara komponen ekosistem dan menyatakan bahwa matahari merupakan sumber energi utama pada sistem biologi.
- Membuat diagram rantai makanan dan menjelaskan peran masing-masing tingkat tropik.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat :
1. menjelaskan pengertian ekologi
2. menjelaskan pengertian ekosistem
3. mengidentifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup
4. menjelaskan pengertian habitat
5. menjelaskan pengertian individu
6. menjelaskan pengertian populasi
7. memberikan contoh populasi
8. menjelaskan kepadatan populasi
9. menghitung kepadatan populasi
10. menjelaskan pengertian komunitas
11. menjelaskan organisme autotrof
12. menjelaskan organisme hiterotrof
13. membedakan organisme herbivore, karnivora, dan omnivore
14. menjelaskan fungsi pengurai
15. menjelaskan pengertian rantai makanan
16. menjelaskan pengertian jaring-jaring makanan
17. membuat bagan jarring-jaring makanan
18. menjelaskan pengertian simbiosis mutualisme
19. memberi contoh simbiosis mutualisme
20. menjelaskan pengertian simbiosis komensalisme
21. memberi contoh simbiosis komensalisme
22. menjelaskan pengertian simbiosis parasitisme
23. memberi contoh simbiosis parasitisme
B. Materi Pembelajaran :
Komponen ekosistem, peran dan interaksinya.
C. Metode Pembelajaran :
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Kooperatif Learning
2. Metode : - Observasi
- Diskusi Informasi
D.Langkah-langkah Kegiatan :
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi
- Pernahkah kalian pergi ke sawah ?
- Apa saja yang ada di sana ?
Ø Prasarat Pengetahuan :
- Tahukah kalian nama-nama tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar kita ?
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
- Guru membimbing siswa melakukan pengamatan di halaman sekolah dan mencatat hasil pengamatan meliputi biotik dan abiotik.
- Guru meminta salah satu siswa dari kelompok untuk menuliskan hasil pengamatan pada tabel di papan tulis.
- Guru meminta kelompok lain menanggapinya.
- Guru meminta siswa diskusi kelompok mengenai satuan-satuan dalam ekosisitem.
- Guru membimbing siskusi kelas.
- Guru membimbing siswa menghitung kepadatan populasi siswa dalam kelas.
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan.
- Guru memberi penghargaan pada siswa-siswa yang telah berdiskusi dan berpendapat dengan baik.
- Guru memberikan tes secara lisan mengenai satuan-satuan ekosistem.
- Guru memberi PR menghitung kepadatan populasi.
2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi
- Apakah kalian tiap hari makan ?
- Apakah yang kalian makan berasal dari tumbuhan, hewan atau keduanya ?
Ø Prasarat Pengetahuan :
- Sebutkan dari bahan apa makanan kalian sehari-hari !
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok.
- Guru membimbing siswa mengerjakan LKS 5.12 mengenai Bagaimana aliran energi pada sampah dauh ?
- Guru menugasi siswa tiap kelompok membuat daftar organisme pada kumunitas samapah daun.
- Guru membimbing siswa diskusi kelas mengenai autotrof, heterotrof, produsen, konsumen, pengurai.
- Guru memberi tugas memahami buku paket tentang rantai makanan, jarring-jaring makanan, piramida makanan, keseimbangan alam.
- Guru meminta peserta didik untuk membuat diagram jarring-jaring makanan di sawah.
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan.
- Guru memberi tes lisan untuk mengetahui daya serap meteri yang baru dipelajari :
Jelaskan apa yang dimaksud organisme autotrof ?
Sebutkan komponen ekosisitem !
Guru memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
3. Pertemuan ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi
- Dapatkah manusia hidup sendiri ?
- Pernahkah kalian melihat kupu yang hinggap di bunga ? Apa yang dilakukan ?
Ø Prasarat Pengetahuan :
- Interaksi antara makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari.
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok.
- Guru memberi daftar beberapa macam makhluk hidup untuk dipasangkan dalam berinteraksi.
- Guru membimbing siswa diskusi kelompok tentang pola interaksi, organisma dalam ekosistem.
- Guru meminta salah satu kelompok unutk mempresentasikan di depan kelas kelompok lain menanggapi.
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan.
- Guru memberi tes lisan :
Jelaskan apa yang dimaksud :
a. Simbiosis mutualisme
b. Simbiosis komensalisme
c. Simbiosis parasitisme
Berikan masing-masing 1 contoh !
D. Sumber Belajar :
1. Buku siswa halaman 151 – 185.
2. LKS
3. Buku referensi
4. Lingkungan sekitar
E. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
- Tes tulis
- Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen :
- Pilihan ganda
- Tes uraian
- Tes uji petik kerja prosedur
Instrumen penilaian terlampir.
Mengetahui | | Gondang wetan, ………………. 2011 |
Kepala SMPN 1 GONDANGWETAN | | Guru Mata Pelajaran |
Hj.TANTI RAHAYU, S.Pd, M.M NIP.19600705 198101 2 002 | | ANIK SULISTYOWATI, S.Pd NIP.19741212 200801 2 012 |
LEMBAR KERJA SISWA
E K O S I S T E M
Kompetensi Dasar :
7.1. Menentukan ekosistem dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem.
Pada saat suasana cerah, temanmu si Aan bermain di tepi kolam. Dengan perlahan-lahan Aan jongkok di tepi kolam karena ingin melihat katak yang berada di tepi kolam. Aan melihat katak tersebut sedang diam menghadap sebatang kayu yang terndam di air kolam. Di sekitar kayu tersebut tampak beberapa serangga. Tiba-tiba Aan melihat dengan jelas lidah katak yang berperekat itu menjulur menagkap seekor serangga dekat kayu tersebut. Tak lama kemudian Aan mendengar suara ciet-ciet. Aan segera beranjak menuju arah datangnya suara. Apa yang terlihat ? Aan melihat seekor katak terjepit di mulut seekor ular. Temanmu Aan baru saja mengamati suatu peristiwa yang terjadi dalam suatu ekosistem.
A. Komponen Ekosistem, Peran dan Interaksinya.
Di dalam ekosistem terdapat komponen hidup dan tak hidup yang satu sama lain saling berinteraksi dan mempenagruhi. Sebagai conoth uraian di atas katak telah berinteraksi dengan air di sungai.
Bila kamu mempelajari interaksi dalam ekosistem, kamu telah mempelajari ilmu pengetahuan ekologi. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi yang terjadi antara organisme dan bagian tak hidup dalam ekosistem.
KEGIATAN :
a. Mengamati Ekosistem
Untuk mempelajari system beserta interaksi antara komponen-komponennya, kamu perlu mengamati apa saja yang ada dalam ekosistem itu. Apakah kamu termasuk di dalamnya?
Apa yang harus kamu lakukan ?
1. Pilihlah lingkungan kecil di sekitar sekolahmu untuk diamati, berilah batas dengan tali rafia atau kayu.
2. Amatilah dengan hati-hati dan catatlah segala sesuatu yang ada dalam batas-batas yang telah kamu tandai. Dengan lengkap catatlah segala sesuatu termasuk udara dan tanah.
3. Kelompokkanlah apa yang kamu amati ke dalam 2 kelompok, yaitu sesuatu yang hidup dan sesuatu yang tak hidup. Bila perlu buatlah table unutk memperjelas pengelompokan tersebut !
4. Apakah sesuatu yang hidup mempengaruhi sesuatu yang tidak hidup ? Apakah terjadi sebaliknya ?
5. Jelaskan bagaimana bagian-bagian ekosistem yang kamu amati itu saling mempengaruhi!
Kerjakanlah !
1. Jelaskan apa pengertian ekosistem !
2. Komponen apa yang menyusun ekosistem ?
3. Bagaimanakah interaksi terjadi dalam ekosistem ? Jelaskan dengan contoh !
4. Jelaskan pengertian Ekologi !
v Satuan makhluk hidup dalam ekosistem
Ekosistem tersusun atas tingkatan makhluk hidup, yaitu individu, populasi dan komunitas.
Individu
Seekor ulat, seekor semut, sebatang tanaman kelapa dan manusia adalah contoh makhluk hidup tunggal yang disebut individu.
Populasi
Sekelompok individu sejenis yang hidup dan menempati wilayah tertentu disebut sebagai satu populasi. Misalnya di sungai hidup beberapa ikan lele, sekelompok tanaman teratei, dan di halaman sekolah dijumpai sekelompok semut.
Komunitas
Suatu komunitas tersusun dari semua populasi yang hidup dan saling berinteraksi santara satu dengan lainnya dalam suatu wilayah.
Biosfer
Bumi dan seluruh makhluk hidup yang menghuninya merupakan suatu ekosistem terbesar. Ekosistem raksasa yang mencakup keseluruhan bumi itu disebut biosfer.
KEGIATAN :
b. Menghitung Kepadatan Populasi Siswa di Kelasmu
- Hitunglah luas ruangan kelasmu dalam meter persegi dengan mengalikan panjang kali lebar ruangan !
- Hitunglah jumlah siswa dalam kelasmu !
- Bagilah jumlah siswa dengan luas ruangan kelasmu untuk menentukan berapa luas ruangan yang mungkin untuk tiap-tiap siswa !
Analisis
- Apakah yang terjadi dengan kepadatan populasi jika jumlah siswa di kelasmu menjadi dua kali lipat ? Menjadi tinggi ataukah rendah ?
- Apa yang kamu rasakan jika kepadatan populasi kelasmu tinggi ?
KEGIATAN :
c. Mengamati Komunitas di Tempat Tinggalmu
- Pikirkan komunitas di tempat tinggalmu !
- Populasi ada saja yang hidup dan berinteraksi denganmu ? Sebutkan minimal 5 populasi !
- Jelaskan interaksimu dengan komunitas tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung !
B. Komponen Ekosistem
Ekosistem tersusun oleh komponen biotic dan abiotik. Semua makhluk hidup yang berada di ekosistem tersebut merupakan komponen biotic sebaliknya air, tanah, dan suhu merupakan factor abiotik.
Komponen Biotik Ekosistem
Komponen biotic berdasarkan perannya dapat dikelompokkan menjadi produsen, konsumen, dan pengurai.
Produsen
Seluruh tumbuhan hijau termasuk produsen. Produsen berarti penghasil, yaitu yang menghasilkan bahan organic bagi makhluk hidup lainnya. Tumbuhan dikenal sebagai fotoautotrof karena mereka menggunakan energi cahaya unutk menghasilkan makanan melalui fotosintesis.
Konsumen
Konsumen berarti pemakai, yaitu organisme yang memakai bahan organic yang dihasilkan oleh produsen.
Berdasarkan jenisnya ada beberapa tipe heterotrof. Organisme yang mengkonsumsi hanya tumbuhan atau produsen disebut herbivor. Organisme yang makan hanya hewan disebut karnivor. Dan organisme yang makan baik produsen maupun konsumen dikenal dengan omnivor.
Dekomposer
Bagaimana jika burung elang atau manusia pada akhirnya mati, siapa yang berperan selanjutnya ? Makhluk hidup yang berperan menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati disebut decomposer atau pengurai.
Komponen Abiotik Ekosistem
Beberapa komponen abiotik ekosistem yaitu : udara, air, tanah, suhu, kelembaban dan sinar matahari.
KEGIATAN :
a. Pengurai Kunci Kehidupan
Apa yang terjadi pada makhluk hidup bila mereka mati ? Bila sebatang pohon tumbang karena badai dan mati, apa yang terjadi setelah itu ? Kemana mereka pergi ? Jelaskan ! Apa yang terjadi bila tidak ada pengurai ? Pohon dan organisme lain yang mati akan menumpuk. Mineral dan nutrient yang diperlukan untuk kehidupan akan tertumpuk dan tertutup dalam sel-sel yang mati dan tidak akan tersedia untuk tumbuhan dan hewan baru. Tanpa pengurai tidak akan ada kehidupan di bumi.
Berpikir Kritis
1. Jelaskan bagaimana pengurai membantu menguraikan makhluk hidup yang telah mati !
2. Pada daerah yang beriklim dingin penguraian terjadi s angat lambat. Sebaliknya, pada daerah yang beriklim panas penguraian terjadi dengan cepat. Mengapa ?
KEGIATAN :
b. Aliran Energi pada Ekosistem
Masalah : Bagaimana energi bisa berpindah dari satu organismeke organisme yang lain ?
Apa yang kamu lakukan ?
1. Pilih salah satu ekosistem yang akan kalian amati (bisa sawah, kebun, sungai atau pegunungan).
2. Buatlah suatu daftar organisme yang bisa kamu temukan pada ekosistem yang kamu pilih. Tambahkan juga pada daftarmu, bakteri dan jamur.
3. Pelajarilah tentang jenis-jenis makanan yang dikonsumsi organisme-organisme tersebut.
4. Aturlah daftar organisme yang kalian buat dengan cara mengelompokkan mana yang tergolong autotrof, heterotrof dan pengurai.
Analisis
1. Sebutkan produsen dan konsumen yang kamu temukan pada komunitas dalam ekosistem yang kalian amati !
2. Apakah terjadi peristiwa makan dimakan antara organisme yang kamu temukan ?
3. Buatlah bagan peristiwa makan dimakan sehingga menunjukkan adanya aliran energi dari organisme autotrof ke organisme heterotrof dan dari organisme heterotrof yang satu ke organisme heterotrof yang lain !
4. Nyatakanlah mana yang menjadi sumber energi utama pada ekosistem yang kamu amati !
5. Bagaimana proses perpindahan energi matahari ke produsen dan dari produsen ke konsumen ?
6. Jelaskan apa yang dimaksud rantai makanan dan jarring-jaring makanan !
7. Buatlah bagan jaring-jaring makanan yang terjadi di sawah !
KEGIATAN :
c. Pola Interaksi Berbagai Makhluk Hidup
Dalam komunitas terjadi interaksi antara organisme yang satu dengan organisme yang lain. Tiap organisme menunjukkan bagaimana cara organisme yang mempengaruhi yang lainnya. Ada tipe interaksi yang saling menguntungkan bagi dua organisme yang berinteraksi tersebut. Interaksi semacam ini disebut simbiosis mutualisme.
Pada interaksi yang lain, satu organisme mendapat keuntungan dan organisme yang lain tidak mengalami kerugian. Interaksi semacam ini disebut simbiosis komensalisme. Ada pula tipe interaksi yang mengakibatkan keuntungan bagi salah satu organisme dan merugikan organisme yang lain. Interaksi semacam ini disebut parasitisme atau predasi.
Untuk lebih jelasnya lagi pelajari peta ide di bawah ini !
Peta Ide : Interaksi dalam komunitas.
predator - mangsa
interaksi
merugikan
parasit - inang
Interaksi
Komunitas
mutualisme
interaksi
menguntungkan
komensalisme
1. Berilah contoh simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme !
2. Bagaimanakah tanaman anggrek mendapatkan keuntungan dari pohon yang tinggi ?
3. Tipe interaksi yang manakah antara kutu dengan inangnya ? Berikan penjelasan pada jawaban !
4. Berpikir kritis : Jelaskan bagaimana hubungan antara tanaman anggrek dan pohon mungkin dapat berubah dari interaksi komensalisme menjadi parasitisme !
5. Amati tumbuhan benalu dan tali putri yang merupakan parasit pada tumbuhan lain. Perhatikan bagian akar yang menempel pada tumbuhan inang. Bagaimana perbedaannya? Apa yang bisa kalian jelaskan dari hasil pengamatan kalian ?
6. Biologi dan membaca : Untuk tiap-tiap pasangan organisme di bawah ini, tuliskan tipe interaksinya, serta berikan penjelasan dari masing-masing tipe !
a. Semut hidup di pohon, yang menyediakan makanan bagi semut.
b. Virus hepatitis hidup dalam hepar (hati), yang menyebabkan penyakit hepatitis.
c. Kutu hidup di punggung ternak dan menghisap darah hewan ternak tersebut.
d. Flagellata yang hidup di usus rayap.
LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN
Kompetensi Dasar :
7.1. Menentukan ekosistem dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem.
Tes Pilihan Ganda
I. Plihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Ilmu yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan factor tak hidup disebut…..
a. populasi c. ekosistem
b. komunitas d. ekologi
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan tentang ekosistem adalah…..
a. interaksi factor tak hidup dengan faktor hidup
b. interaksi antara organisme dengan organisme lain dan factor tak hidup
c. interaksi antara individu-individu dalam suatu populasi
d. interaksi antara individu dengan individu yang berbeda jenis
3. Faktor abiotik yang terdapat dalam ekosistem sungai adalah……
a. air, pasir, dan batu c. tanah, pasir, dan udara
b. tanah, cahaya, dan udara d. air, tanah, dan udara
4. Faktor biotik yang terdapat dalam ekosistem sungai adalah…..
a. Burung, serangga, dan katak
b. Ikan , serangga, dan katak
c. Babi, serangga, dan katak
d. Pasir, batu, dan ikan
5. Wilayah atau tempat dimana biasa ditemukan suatu hewan atau tumbuhan disebut…..
a. Relung c. habitat
b. Ekosistem d. bioma
6. Satu makhluk hidup tunggal disebut…..
a. Individu c. komunitas
b. Populasi d. ekosistem
7. Berikut ini merupakan syarat-syarat terbentuknya suatu populasi, kecuali…..
a. Kumpulan individu sejenis
b. Berada di satu tempat
c. Kumpulan individu yang berbeda jenis
d. Menempati suatu tempat pada suatu waktu tertentu
8. Sekelompok kambing hidup di padang rumput merupakan……
a. Individu c. komunitas
b. Populasi d. ekosistem
9. Interaksi antara ikan, katak, dan serangga dalam sungai merupakan suatu….
a. Komunitas c. habitat
b. Relung d. populasi
10. Makhluk hidup yang termasuk organisme autotrof adalah…..
a. Tanaman papaya c. kucing
b. Jamur d. ayam
11. Organisme yang memperoleh energi dengan mendapatkan makanan dari organisme lain disebut organisme…..
a. Autotrof c. fotoautotrof
b. Heterotrof d. kemoautotrof
12. Contoh hewan herbivora adalah …..
a. Harimau c. kucing
b. Tikus d. ayam
13. Organisme pemakan daging disebut…..
a. Herbivora c. omnivora
b. Karnivora d. saprovora
14. Relung dari pengurai adalah …..
a. Membantu penyerbukan
b. Membantu pembentukan makanan
c. Menguraikan organisme yang mati
d. Menghasilkan gas karbondioksida
15. Kelompok organisme yang termasuk produsen adalah ……
a. Tikus dan kucing c. jamur dan bakteri
b. Ulat dan burung d. padi dan rumput
Tes Uraian
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas !
1. Jelaskan apa yang dimaksud rantai makanan !
2. Jelaskan apa yang dimaksud simbiosis mutualisme ! Beri 2 contoh !
3. Jelaskan apa yang dimaksud simbiosis komensalisme ! Beri 2 contoh !
4. Jelaskan apa yang dimaksud simbiosis parasitisme ! beri 2 contoh !
Kunci dan Skor
Kompetensi Dasar :
7.1. Menentukan ekosistem dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem.
Tes Pilihan Ganda
No | Kunci | Skor |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 | d b a b c a c b a a b b b c d | 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 |
Kunci Tes Uraian :
No | Kunci | Skor |
1 2 3 4 | Peristiwa makan dan dimakan yang dimulai dari produsen sampai ke puncak. Tipe interaksi yang saling menguntungkan bagi dua organisme (pilih 2) : Contoh : - kupu-kupu dengan bunga - badak dan burung - bakteri yang hidup di dalam usus besar manusia - jamur dengan ganggang - kutu buah dengan semut Tipe interaksi, satu organisme mendapat keuntungan dan organisme yang lain tidak mengalami kerugian. Contoh : - ikan remora dan ikan hiu - anggrek dan pohon Tipe interaksi, satu organisme mendapat keuntungan dan organisme lain mendapat kerugian. (pilih 2) Contoh : - benalu dengan tumbuhan inang - tali putrid dengan tumbuhan inang - Rafflesia dengan tumbuhan inang - Cacing pita dengan manusia | 1 3 3 3 |
Jumlah skor : 25.
PENSKORAN
Kompetensi Dasar :
7.1. Menentukan ekosistem dan saling ketergantungan antara komponen ekosistem.
Nama Siswa (Kelompok) : ………………….
No | Aspek Penilaian | Skor | |||
4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 2 3 | Ketrampilan : Apakah siswa memilih nama organisme dan membuat rantai makanan ? Logika : Apakah siswa mengenali urutan produsen, konsumen I, konsumen II, dan konsumen puncak ? Pengetahuan : Apakah siswa membuat diagram jarring-jaring makanan dengan benar ? | | | | |
Rubrik :
Berilah tanda cek (√ ) pada kolom yang sesuai dengan kunci :
4. Bila tahapan ini dilakukan dengan benar dan cepat.
3. Bila tahapan ini dilakukan dengan benar tapi lambat.
2. Bila tahapan ini dilakukan tapi salah.
1. Bila tahapan ini tidak dilakukan.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekola : SMPN 1 Gondangwetan
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VII / 2
Standar Kompetensi :
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar :
7.2. Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
Indikator :
- Memperesentasikan cara –cara budidaya tumbuhan dan hewan langka.
- Membuat tulisan (majalah dinding, “leaflet”, artikel beserta foto / gambarnya, memperkenalkan jenis bentuk, dan manfaat tumbuhan / hewan langka yang dilindungi.
- Mendeskripsikan usaha-usaha yang dapat dilakukan manusia untuk pelestarian keanekaragaman hayati.
Alokasi waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat :
1. menyebutkan jenis tumbuhan atau hewan yang sedang terancam kepunahan.
2. menyebutkan paling sedikit 3 perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup.
3. menyebutkan usaha manusia untuk menjaga kelstarian satwa (hewan langka)
4. menyebutkan usaha manusia untuk menjaga kelstarian tumbuhan langka.
B. Materi Pembelajaran :
Keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya.
C. Metode Pembelajaran :
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Kooperatif Learning
2. Metode : - Diskusi Kelompok
- Diskusi Informasi
D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi
- Hewan apa yang sudah punah ? Sebutkan !
Ø Prasarat Pengetahuan :
- Apakah manfaat tumbuhan / hewan yang kalian ketahui ?
b. Kegiatan Inti
- Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok.
- Guru menugasi siswa unutk mengumpulkan artikel tentang tumbuhan dan hewan yang langka.
- Guru membimbing siswa diskusi kelompok mengenai manfaat tumbuhan / hewan.
- Guru memberi tugas siswa membuat tulisan paling sedikit datu perbuatan masyarakat di sekiatar atau di daerah yumum diskusi,
- Guru membimbing peserta didik diskusi tentang cara –cara budidaya tumbuhan dan hewan langka.
- Guru membimbing siswa diskusi tentang usaha-usaha untuk melestarikan hewan langka.
- Guru membimbing siskusi tentang usaha–usaha untuk melestarikan tumbuhan langka..
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat rangkuman.
- Guru memberi penghargaan pada siswa-siswa yang telah berdiskusi dan berpendapat dengan baik.
- Guru menugasi siswa membuat herbarium tiap kelompok dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya untuk dipajang.
E. Sumber Belajar :
1. Buku paket halaman 123 – 130
2. LKS
3. Buku Pustaka
4. Lingkungan sekitar
F. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
- Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen :
- Tes uji petik kerja prosedur
Instrumen penilaian pada LKS.
Mengetahui | | Gondang wetan, ………………. 2011 |
Kepala SMPN 1 GONDANGWETAN | | Guru Mata Pelajaran |
Hj.TANTI RAHAYU, S.Pd, M.M NIP.19600705 198101 2 002 | | ANIK SULISTYOWATI, S.Pd NIP.19741212 200801 2 012 |
LEMBAR KERJA SISWA
KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
DAN USAHA PELESTARIANNYA
Kompetensi Dasar :
7.2. Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
Makhluk hidup di ala mini sangat beranekaragam. Keanekaragaman makhluk hidup sangat penting bagi kelangsungan hidup atau kelestarian makhluk hidup.
Suatu kelompok makhluk hidup, tumbuhan atau hewan misalnya, yang memiliki tingkat kelstarian tinggi sangat beranekaragam sedangkan kelompok makhluk hidup yang terancam punah, nilai keanekaragamannya rendah.
Keanekaragaman hayati memberikan manfaat bagi masyarakat baik di Indonesia maupun di Negara lain, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Manfaat sumber daya alam hayati antara lain sebagai sumber pangan, hiasan dan obat.
Kegiatan : Pengenalan jenis-jenis tumbuhan dan hewan yang terancam punah (langka).
Tujuan : Mengetahui tumbuhan dan hewan yang terancam punah serta cara
perlindungannya.
Cara Kerja :
Carilah data tentang tumbuhan dan hewan yang terancam punah, kemudian tuliskan hasilnya pada tabel. Cantumkan pula daerah asalnya dan cara perlindungannya (minimal 5).
No | Nama Organisme | Daerah Asal | Cara Perlindungan |
1 2 3 4 5 6 7 | | | |
Diskusikan dalam kelompokmu !
- Bagaimana cara budidaya tumbuhan dan hewan langka ?
- Sebutkan beberapa conoth perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup ! (minimal 3 contoh)
- Bagaimana usaha-usaha manusia unutk melestarikan hewan langka ? (minimal 3)
- Bagaimana usaha-usaha manusia untuk melestarikan tumbuhan langka ?
KUNCI LKS :
KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
DAN USAHA PELESTARIANNYA
Kompetensi Dasar :
7.2. Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
No | Nama Organisme | Daerah Asal | Cara Perlindungan | Skor |
1 2 3 4 5 | Badak bercula satu Kerbau liar, banteng Komodo Kayu cendana Kayu ulin | Ujung Kulon, Jawa Barat Baluran, Jawa Timur Nusa Tenggara Timur Nusa Tenggara Barat Kalimantan | Cagar alam suaka marga satwa / Taman Nasional Cagar alam suaka marga satwa / Taman Nasional Cagar alam suaka marga satwa / Taman Nasional Tidak melakukan penebangan pohon semena-mena. Tidak melakukan penebangan pohon semena-mena. | 1 1 1 1 1 |
No | Jawab | Skor |
1 2 3 4 | Tumbuhan dengan kultur jaringan. Hewan dengan kloning. - Pembabatan hutan - Penggunaan pestisida yang berlebihan - Pembuangan limbah - Perburuan liar - Perusakan lingkungan akibat perang - Undang-undang perburuan - Pemburu harus mempunyai surat ijin - Senjata pemburu harus tertentu macamnya - Membayar pajak - Harus menyerahkan sebagian tubuh hewan kepada petugas - Dilarang memburu hewan langka - Jenis hewan tertentu hanya boleh ditangkap pada waktu tertentu - Tidak boleh memburu hewan yang bunting - Tidak boleh membiarkan hewan buruannya lepas dalam keadaan luka. - Tidak melakukan penebangan liar - Melakukan reboisasi yaitu menghutankan kembali hutan yang rusak - Mencegah kebakaran hutan - Pencagaralaman | 1 3 3 3 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Gondangwetan
Mata pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : VII / 2
Standar Kompetensi :
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar :
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
Indikator :
Mengidentifikasi penyebab perubahan yang terjadi
Alokasi Waktu : 6 jam Pelajaran
A.Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat :
1. Menyebutkan penyebab perubahan yang terjadi pada ekosistem oleh manusia
2. Menyebutkan permasalahan yang timbul akibat kepadatan populasi manusia
3. Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan dan pangan.
4. Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia terhadap ketersediaan udara dan air bersih
5. Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia terhadap penyebaran penyakit
6. Menjelaskan akibat kepadatan populasi manusia terhadap keruskan lingkungan
7. Menyebutkan upaya pemerintah dalam mengatasi masalah yang timbul akibat kepadatan penduduk yang tinggi
B. Materi Pembelajaran
1. Kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
2. Kapan kebutuhuan pangan tidak tercukupi
3. Daratan semakin sempit
4. Perkembangan populasi manusia di Indonesia
5. Permasalahan akibat kepadatan populasi manusia
6. Bagaimana manusia mengubah lingkungan
7. Sehatkah lingkungan kita
C. Metode Pembelajaran
a. Diskusi
b. Observasi
c. Tanya Jawab
d. Eksperimen
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motivasi : Bagaimana manusia bisa menguabh lingkungan ?
- Prasayarat Pengetahuan : Menunjukkan lingkungan yang berubah akibat manusia
b. Kegiatan Inti
- Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok setiap kelompok lima anak
- Guru menyampaikan permasalahan dalam bentuk pertanyaan pada setiap kelompok
- Secara kelompok siswa mendiskusikan masalah yang disampaikan guru.
- Masing-masing kelompok salah satu menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok ke seluruh siswa dan menanggapi jawaban yang sudah disampaikan temannya.
c. Kegiatan Penutup
- Siswa menyimpulkan dan mencatat dari hasil diskusi
- Guru memberikan tes lisan untuk menguji daya serap materi yang baru diterima
- Guru memberikan tugas rumah
Pertemuan 2
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motivasi : Apakah yang kamu rasakan jika berada dalam ruangan yang penuh sesak ?
- Prasayarat Pengetahuan : Apa yang terjadi bila terlalu banyak tumbuhan pada suatu tempat ?
b. Kegiatan Inti
- Guru meminta siswa membawa hasil percobaan yang dilakukan pada hari sebelumnya pada masing-masimng kelompok.
- Guru membimbing siswa dalam kelompok mengamati dan mendata berapa biji yang tumbuh, tinggi rata-rata tanaman dan tumbuhan yang tumbuh dengan baik.
- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam hubungannya dengan permasalahan yang disampaikan guru.
- Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen masing-masing kelompok.
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atas rangkungan hasil belajar
- Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
E. Sumber Belajar
1. Buku siswa pengetahuan alam Depdiknas hal 186
2. Buku sains Drs. Sutirjo, M.Pd hal 166
3. LKS
5. Hasil Eksperimen
6. Buku Referensi
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tulis
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Isian
b. Tes Uraian
3. Contoh Instrumen
a. Tes Isiasn
Sebutkan permasalaha n yang timbul akibat kepadatan populasi manusia
Kunci :
1. Kebutuhan pangan meningkat
2. Kebutuhan air dan udara meningkat
3. Daratan semakin sempit
4. Kesehatan menurun
5. Pengangguran
b. Tes Uraian
Jelaskan akibat kepadatan populasi manusia terhadap kesediaan lahan dan pangan ?
Kunci :
Dengan peningkatan populasi manusia meningkat, maka jumlah macam kebutuhan meningkat, dengan demikian jelas bahwa semakin banyak lahan yang dibutuhkan apabila jumlah penduduk meningkat.
Mengetahui | | Gondang wetan, ………………. 2011 |
Kepala SMPN 1 GONDANGWETAN | | Guru Mata Pelajaran |
Hj.TANTI RAHAYU, S.Pd, M.M NIP.19600705 198101 2 002 | | ANIK SULISTYOWATI, S.Pd NIP.19741212 200801 2 012 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Gondangwetan
Mata pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : VII / 2
Standar Kompetensi :
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar :
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Indikator :
1. Mengidentifikasi akibat kepadatan populasi terhadap masalah lingkungan
2. Menidentifikaasi akibat kepadatan populasi terhadap ketersediaan lahan
3. Menidentifikaasi akibat kepadatan populasi terhadap sumber daya dan pencemaran lingkungan
Alokasi Waktu : 6 jam Pelajaran
A.Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat :
1. Menunjukkan fakta terjadinya kerusakan limgkungan
2. Menjelaskan dampak dari kerusakan lingkungan
3. Menyebutkan upaya pemecahan untuk menjaga kelestarian hutan
4. Menyebutkan aktifitas manusia yang menjadi sumber pencemaran lingkungan
5. Menunjukkan dampak dari aktifitas manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan
6. Melakukan upaya agar tidak terjadi populasi tanah, air dan udara
7. Mengelompokkan jenis-jenis sampah dilingkungan sekitar
8. Membedakan jenis-jenis sampah yang dapat diuraikan dan yang tidak.
9. Melakukan tindakan yang dapat dilkaukan untuk menghindari terjadinya pencemaran tanah
10. Menyimpulkan apa yang terjadi jika sampah dilingkungan kita tidak diatasi.
B. Materi Pembelajaran
1. Permasalahan-permasalahan akibat kepadatan populasi manusia
2. Kepadatan penduduk dan ketersediaan lahan
3. Persediaan sumber daya alam
4. Pencemaran lingkungan
5. Perubahan-perubahan pada lingkungan
6. Kerusakan hutan
7. Sumber-sumber pencemaran
8. Penanngulangan pencemaran
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Observasi
3. Tanya Jawab
D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motivasi : Pernahkah kalian memperhatikan kehidupan dihutan ?
- Prasarat Pengetahuan : Tahukah kalian apa dampak dari kerusakan hutan ?
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing dalam pembentukan kelompok
- Guru membagikan contoh gambar dari media masa yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan
Misal : Penebangan hutan , akibat penambangan
- Guru membagikan lembar kerja dan permasslahan yang dipecahkan dalam kelompok
- Secara kelompok peserta didik mendiskusikan permasalahan kemudian menuliskan jawaban pada lembar kerja
- Setiap kelompok memberikan informasi berupa slogan tentang kelestarian hutan atau lingkungan pada lembar kerja.
- Masing-masing kelompok diwakili satu siswa menyampaikan hasil diskusi dan kelompok lain untuk menanggapi
- Setiap kelompok memajang hasil diskusi pada papan tempel
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar
- Guru memberi tes untuk mengetahui daya serap setiap materi yang baru saja dipelajari
2. Pertemuan 2
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motivasi : Bagaimana cara mengatasi pencemaran lingkungan di sekitar kita ?
- Prasarat Pengetahuan : Apakah pencemaran lingkungan itu ?
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing dalam pembentukan kelompok
- Guru menyampaikan permaslahan pada masing-masing kelompok
- Peserta didik mendiskusikan permasalah yang disampaikan guru ( misal damapak pencemaran lingkungan dan cara penanangannya )
- Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi kepada kelompok lain
- Peserta didik diberi kesempatan menanggapi jawaban yang disampikan kelompok lain.
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar
- Guru memberi tes untuk mengetahui daya serap setiap materi yang baru saja dipelajari :
1. Jelaskan dampak yang timbul dari aktifitas manusia yang menjadi sumber pencemaran
2. Jelaskan upaya yang bisa dilkaukan agar tidak terjadi polusi air !
3. Pertemuan 3
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motivasi :Apa yang kalian lakukan setelah kalian makan , minum yang dikemas plastik atau kaleng terhadap bekas pembungkus ?
- Prasarat Pengetahuan : Sumber-sumber pencemaran lingkungan ?
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing dalam pembentukan kelompok
- Guru meminta peserta didik mengambil dan mengumpulkan jenis-jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah
- Guru meminta peserta didik mengelompokkkan jenis-jenis sampah yang dapat diuraikan dan yang tidak dapat diuraikan ke dalam sebuah tabel.
- Guru menyampaikan permasalahan , misal : jenis sampah apa yang dapat mencemari tanah, dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menghindari pencemaran tersebut ?
- Peserta didik berdiskusi memecahkan maslah yang diberikan
- setiap kelompok menyampaiakn hasil diskusi di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar
- Guru memberikan tugas ke peserta didik berupa karya tulis tentang kerusakan lingkungan di sekolah / lingkungan sekitar dan peranan manusia mengelola lingkungan mengatasi kerusakan
E. Sumber Belajar
1. Buku siswa pengetahuan alam Depdiknas hal 210
2. Buku sains Drs. Sutirjo, M.Pd hal 177
3. LKS
4. Lingkunagn sekita rumah/sekolah
5. Buku Referensi
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tulis
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
b. Tes Isian
3. Contoh Instrumen
a. Tes Uraian
- Jelaskan akibat kerusakan hutan !
Kunci :
Kehancuran hutan akan mengancam kelestarian marga satwa, hilangnya keanekaragana hayati dan hilangnya beberapa spesies.
- Jelaskan akibat kepadatan populasi terhadap ketersediaan lahan !
Kunci :
Dengan bertambahnya jumlah populasi manusia maka jumlah kebutuhan pangan juga meningkat, produksi pangan yang diproduksi petani bertambah tetapi lahan pertanian semakin sempit.
b. Tes Isian
Sebutkan dampak yang ditimbulkan aktifitas manusia yang mengakibatkan pencemaran lingkungan !
Kunci :
1. Kesehatan masyarakat turun
2. Ketersediaan air bersih menurun
3. Kesuburan tanah menurun
4. Hujan asam
Mengetahui | | Gondang wetan, ………………. 2011 |
Kepala SMPN 1 GONDANGWETAN | | Guru Mata Pelajaran |
Hj.TANTI RAHAYU, S.Pd, M.M NIP.19600705 198101 2 002 | | ANIK SULISTYOWATI, S.Pd NIP.19741212 200801 2 012 |
Where to Bet on Sports To Bet On Sports In Illinois
BalasHapusThe best sports bet types and bonuses available in Illinois. The most common sports betting options available. Bet 사이트 추천 $20, 라이브 바카라 Win $150, 제이티엠허브출장안마 Win $100 토토 사이트 추천 or