Minggu, 10 Februari 2013

RPP ADIWIYATA Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah                     :  SMP Negeri 1 Gondangwetan
Mata pelajaran          :   Biologi
Kelas/semester          :  IX / 2
Alokasi waktu           :   6 jam pelajaran (3 x pertemuan )
SKM                          :  75

A.  STANDAR KOMPETENSI
      2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
      Standart kompetensi Lingkungan Hidup
       XI.  Pemanasan global

       B.  KOMPETENSI DASAR
      2.1.  Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi,   seleksi alam dan perkembangbiakan dalam rangka untuk mejaga kelestarian alam
       Kompetensi Dasar Lingkungan Hidup
       XI.3. Dampak pemanasan global pada lingkungan

C. INDIKATOR
     1.    Mengaitkan perilaku adaptasi tumbuhan dan hewan tertentu di lingkungannya  dengan kelangsungan hidup dengan rasa ingin tahu, kritis, logis, peduli lingkungan dan cinta ilmu
2.   Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki secara teliti, kritis dan logis. dalam rangka untuk mejaga kelangsungan hidup mahluk hidup
3.   Menjelaskan hubungan interspesifik ( antar populasi) dengan seleksi alam dengan kritis, logis dan sistematis serta memperhatikan keseimbangan lingkungan
4.   Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup secara logis. Dengan memperhatikan fungsi masing-masing supaya tetap terjaga keseimbangan lingkungan
5.   Menjelaskan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan  dengan mengerjakan tugas secara jujur, mandiri dan tanggung jawab  supaya siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan
      
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan  1 :
1.   Menjelaskan peranan adaptasi makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya dengan ingin tahu dan logis.supaya keseimbangan lingkungan tetap terjaga
2.   Menjelaskan macam-macam adaptasi makhluk hidup melalui study pustaka, pengamatan dengan rasa ingin tahu, kritis peduli lingkungan dan cinta ilmu.
3.   Menyebutkan contoh adaptasi secara logis .sesuai dengan jaring-jaring lingkungan agar keseimbangan nya tetap terjaga

Pertemuan  2 :
1.   Menjelaskan pengertian seleksi alam secara teliti, kritis dan logis.sesuai dengan keseimbangan lingkungan
2.   Memprediksikan punahnya jenis makhluk hidup akibat seleksi alam secara kritis, logis dan sistematis serta menjaga cara melestarikannya.
 3.   Menjelaskan hubungan antar populasi dengan seleksi alam secara kritis, logis dan sisitematis serta memperhatikan kelestarian alam.
4.   Menjelaskan hubungan antara  adaptasi dan seleksi alam secara kritis, logis dan sistematis dengan tidak merugikan keseimbangan lingkungan.

Pertemuan   3  :
1.  Menjelaskan peranan perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup dengan ingin tahu dan logis sesuai dengan memperhatikan kaidah lingkungan yg sehat.
2.   Menjelaskan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan dengan penugasan berdasar pemikiran sendiri ( mandiri), jujur dan bertanggung jawab dengan mencari contoh perkembangbiakan hewan dan tumbuhan yang ada dilingkungan sekitar.

E.  MATERI PEMBELAJARAN
1.   ADAPTASI
Adaptasi adalah  kemampuan makhluk hidup menyesuaiakan diri dengan lingkungan. Cara adaptasi pada makhluk hidup berbeda beda  sesuai dengan ciri dan kemampuan yang dimiliki. Tujuannya untuk mempertahankan hidup atau untuk kelangsungan hidupnya dengan tidak mengganggu keseimbangan lingkungan.

Macam-macam adaptasi
a.  Adaptasi morfologi
     Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh atau alat tubuh makhluk hidup dengan lingkungan.
      Contoh adaptasi morfologi pada hewan
      1.  macam-macam bentuk paruh pada burung
         
No
Nama burung
Bentuk paruh
Fungsi
1
Flamingo
Seperti sisir
Menyaring makanan di air
2
Nuri
Pendek, kuat
Makan biji
3
Elang
Runcing, panjang, membengkok
Merobek daging
4
Pelikan
Panjang, lebar, berkantong
Makanan yang licin (ikan)
5
Kolibri
Kecil, runcing, panjang
Menghisap madu
    
     
2.  macam-macam bentuk kaki pada burung

No
Nama burung
Bentuk kaki
Fungsi
1
Kutilang
Kaki panjang dan semua jari terletak pada satu bidang datar
bertengger
2
Pelatuk
Dua jari ke depan dua jari ke belakang
Memanjat
3
Angsa
Terdapat selaput renang pada kaki
Berenang
4
Elang rajawali
Ukuran pendek, kuat
Mencengkeram mangsa
   
     3.    Bentuk/type mulut pada serangga
Secara umum , mulut serangga terdiri satu bibir atas (labium), sepasang rahang ( mandibula ), satu hipofaring, sepasang maksila, satu bibir bawah (labium ). Type mulut penggigit contohnya semut, type mulut penusuk kutu, type mulut penusuk dan penghisap contohnya nyamuk, type mulut penghisap contohnya kupu-kupu, type mulut penjilat contohnya lalat, lebah.
Contoh adaptasi morfologi pada tumbuhan
1.   Tumbuhan Xerofit
      Tumbuhan yang beradaptasi untuk daerah yang kering/kekurangan air.
Ciri-ciri :
-          daun sempit, tebal, kecil dan berubah menjadi sisik, bulu atau duri
-          Permukaan tubuhnya diselimuti oleh lapisan lilin
-          Perakarannya panjang dan luas
Contoh : tumbuhan kaktus
2.   Tumbuhan higrofit
Tumbuhan yang beradaptasi untuk daerah yang lembab.
Ciri-ciri:
-          Daun  tipis,
-          Stomata terdapat di atas atau bawah permukaan daun
-          Akar pendek
Contoh:  tumbuhan paku, lumut
3.   Tumbuhan Hidrofit
Tumbuhan yang beradaptasi untuk hidup di air.
Ciri-ciri ;
-          Daun lebar dan tipis untuk mempercepat penguapan
-          Stomata berada dipermukaan atas daun
-          Batang berongga
-          Akar bercabang, pendek
Contoh ; Teratai, enceng gondok, kangkung




b.   Adaptasi Fisiologi
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian makhluk hidup yang didasarkan pada fungsi alat tubuh.
Contoh ;
1.   Adaptasi terhadap kadar oksigen
      Jumlah sel darah merah orang di dataran tinggi/pegunungan lebih  banyak di bandingkan dengan dataran rendah. Kadar oksigen di dataran rendah lebih banyak dibanding dataran tinggi.
2.   Adaptasi pada system pencernaan
      Herbivora mempunyai enzim selulose untuk mencerna tumbuhan, Teredo navalis , mempunyai enzim selulose untuk memcerna kayu.
3.   Adaptasi terhadap salinitas ( kadar garam )
      Ikan yang hidup di air asin/laut beradaptasi dengan mengeluarkan urine sedikit, pekat dan banyak minum air, sedang ikan yang hidup di air tawar/kadar garam rendah beradaptasi dengan mengeluarkan urine banyak, encer dan sedikit minum.
4.   Bau yang khas, Contoh : walang sangit
5.   Bau yang harum, pada bermacam-macam bunga

c.   Adaptasi tingkah laku
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan didasarkan pada tingkah laku.
Contoh :
1.   Mimikri : merubah warna sesuai dengan tempat saat itu,  pada bunglon
2.   Autotomi : mengelabuhi musuh dengan memutuskan ekornya, pada cecak
3.   Hibernasi : istirahat saat musim dingin untuk menghemat energi, pada ular, kura-kura, ikan

4.   Estivasi  : istirahat saat musim panas untuk menghemat energi, pada lemur kerdil, kelelawar, tupai. Golongan tumbuhan Zingiberaceae (jahe-jahean), rerumputan, pohon jati dengan menggugurkan daunnya saat musim kemarau.
5.   Rayap secara periodic memakan kembali kelupasan kulinya untuk memperoleh flagellate.
6.   Mamalia air ( iakn paus, lumba-lumba) secara periodik muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen.
7.  Cumi-cumi mengeluarkan tinta pada saat diserang musuh.






2.   SELEKSI ALAM
      Seleksi alam adalah proses pemilihan atau penyeleksian yang di lakukan oleh alam terhadap makhluk hidup, yang mampu beradaptasi akan tetap hidup dan yang tidak mampu beradaptasi akan mati (punah) . Contoh : Dinosaurus, kupu-kupu Biston bitularia, .
      Penyebab punahnya makhluk hidup :
-          Daya regenerasi rendah
-          Bencana alam
-          Kalah bersaing
-          Gangguan manusia   

3.   PERKEMBANGBIAKAN
      Perkembangbiakan/reproduksi  merupakan upaya makhluk hidup untuk melestarikan jenisnya supaya tidak punah.
Cara perkembangbiakan makhluk hidup, ada 2 cara, yaitu :
a.   Perkembangbiakan secara vegetatif
      adalah terjadinya individu baru berasal dari bagian tubuh induknya.
Perkembangbiakan  vegetatif pada hewan :
1. Pembelahan
    Ada 2 macam :
-          Pembelahan biner : pembelahan dari satu sel menjadi 2 sel,
Contoh : bakteri, Paramaecium, Amoeba, Euglena
-          Pembelahan multiple :  pembelahan dari satu sel menjadi banyak sel
Contoh : plasmodium
2.  Tunas (buding): terbentuk dari tonjolan tubuh induknya
      Contoh : hydra, Ubur-ubur
3.  Fragmentasi :  individu baru dari potongan tubuh induknya.
      Contoh ;  Bintang laut, planaria
4.  Partenogenesis :  individu baruberasal dari sel telur yang tidak dibuahi
     Contoh :  rayap, lebah.

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan :
Ada 2 macam, yaitu :
1. Vegetatif alami
     a.   Geragih :  batang yang tumbuh menjalar di permukaan tanah,
           contoh : pegagan, rumput teki, semanggi, kuncung semar
b.   umbi lapis/bulbil ; batang pendek di bawah permukaan tanah yang  dibungkus oleh helaian daun, contoh ; bawang, bakung
c.   Umbi batang : batang yang membengkak di dalam tanah sebagai  cadangan makanan, contoh ; kentang
d.   Umbi akar : akar yang menggembung berisi cadangan makanan,
      contoh : ubi jalar, dahlia
e.   Rhizoma :  batang yang tumbuh di dalam tanah, contoh : kunyit, jahe,  lengkuas, alang-alang
f.   Tunas adventif : tunas yang tumbuh selain pada batang dan ketiak daun, contoh : kersen (talok), cocor bebek
g.   Tunas/ Anakan : tunas yang tumbuh pada pangkal batang membentuk individu baru, contoh : pisang, bambu
2.  Vegetatif buatan
a.   mencangkok : membungkus bagian batang yang telah dikuliti dengan tanah agar tumbuh akar
b.   Stek :  memotong bagian tanaman
c.    Merunduk :  membelokkan bagian ranting ke dalam tanah.
d.   Okulasi/menempel : menempelkan mata tunas pada pohon lain
e.    Menyambung : menggabungkan batang dua pohon yang berbeda.

b.   Perkembangbiakan secara generatif.
      Yaitu terbentuknya individu baru didahului dengan pertemuan antara sel kelamin jantan  (sperma ) dengan sel kelamin betina (ovum).
Ciri perkembangbiakan secara generatif :
-          melibatkan dua individu
-          individu baru merupakan sifat gabungan dari ke dua induknya
Perkembangbiakan pada hewan tingkat rendah :
1.   Isogami
      Sel kelamin jantan dan sel kelamin betina mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Contoh : Chlamydomonas.
2.   Anisogami
      Sel kelamin jantan dan betina mempunyai bentu dan ukuran berbeda. Contoh : Plasmodium, Oedogonium.
Perkembangbiakan pada hewan tingkat tinggi :
Terjadi secara :
1.   Fertilisasi eksternal .
      Fertilisasi yang terjadi di luar tubuh induk, misalnya di air.
      Contoh :  ikan, katak
2.   Fertilisasi internal
      Fertilisasi yang terjadi di dalam tubuh induk betina.
      Contoh : Reptilia, aves, mamalia

Selain perkembangbiakan diatas ada makhluk hidup yang perkembang-biakannya gabungan keduanya,  yaitu dengan pergantian keturunan antara fase generatif dan fase vegetatif ( disebut metagenesis), contohnya pada tumbuhan lumut dan paku.  Hydra bisa berkembangbiak secara vegetatif dan generatif.




                
F.  METODE PEMBELAJARAN
1. Diskusi, Tanya jawab
2. Observasi/ pengamatan
3. Penugasan
4. presentasi

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      1.  Pertemuan  1

            a.  Pendahuluan
-   Berdoa
-   Mengecek kehadiran paserta didik
-   Menanyakan kabar peserta didik dengan fokus pada mereka yang tidak    hadir pada pertemuan sebelumnya.


-   Apersepsi  :  Menurut pendapatmu apa yang dimaksud kelangsungan  hidup makhluk hidup ?
                           Apa yang kamu lakukan jika udara dingin ?
-   Motivasi   :   Usaha apa saja yang dilakukan makhluk hidup agar tetap lestari namun tidak mengganggu keseimbangan lingkungan ?
-   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

b.   Kegiatan inti
-    Guru menyampaikan materi secara deklaratif tentang adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.
-    Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok yang masing-masing 4 siswa, untuk duduk berhadapan.
-    Peserta didik melakukan diskusi, pengamatan sesuai petunjuk yang ada di  LKS mengenai materi adaptasi.
-    Peserta didik memasukkan hasil pengamatan ke tabel pengamatan dengan rasa ingin tahu, kritis, logis, peduli lingkungan dan cinta ilmu.
-    Menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil peng- amatan, kelompok  lain memberikan tanggapan dan masukan sehingga menemukan kesepakatan bersama tentang konsep adaptasi.
-    Guru memberikan konfirmasi untuk penguatan dan untuk perbaikan tentang materi yang telah didiskusikan.

c.   Penutup
-    Guru  bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran.
-    Guru memberi penghargaan pada siswa yang aktif.
-    Penilaian
-    Refleksi  :  Peserta didik menyebutkan 3 macam adaptasi serta faktor-    faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup.


-   Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari seleksi alam, menyuruh siswa untuk membawa bahan yang dibutuhkan sesuai petunjuk di LKS.
-    Berdoa
-    Menutup pelajaran dengan tertib pada waktunya.
  
2.   Pertemuan  2
a.   Pendahuluan
-    Berdoa
-    Mengecek kehadiran peserta didik
-    Menanyaka kabar peserta didik dengan fokus pada mereka yang tidak hadir pada pertemuan sebelumnya.
-    Apersepsi   :   Menanyakan tugas pertemuan sebelumnya.
-    Motivasi     :   Masih ingatkah kalian tujuan adaptasi ?
                             Apakah semua makhluk hidup mampu beradaptasi
                            dengan lingkungan yang baru  ?
-          Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

b.   Kegiatan inti
-    Guru menyampaikan materi secara deklaratif mengenai seleksi alam dan faktor penyebab punahnya makhluk hidup.
-    Peserta didik duduk sesuai kelpmpoknya masing-masing.
-    peserta didik diskusi dan melakukan pengamatan sesuai petunjuk yang ada di LKS  tentang materi seleksi alam.
-    Peserta didik memasukkan hasil pengamatan ke dalam tabel pengamatan secara jujur, teliti, kritis, logis.
-    Guru memberi konfirmasi untuk penguatan dan atau perbaikan tentang materi yang telah didiskusikan.

c.   Penutup
-    Guru dan paserta didik membuat kesimpulan.
-    Memberi penghargaan pada siswa yang aktif .
-    penilaian.
-    Refleksi   :   Peserta didik menjelaskan pengertian seleksi alam dan   faktor-faktor yang menyebabkan punahnya makhluk hidup.
-   Guru menginformasikan materi pertemuan berikutnya, adalah perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.
-    Berdoa.
-    Menutup pelajaran dengan tertib pada waktunya.

3.   Peretemuan ke  3
a.   Pendahuluan
-    Berdoa
-    Mengecek kehadiran peserta didik,  dengan fokus pada peserta didik yang pertemuan sebelumnya tidak hadir.

-   Apersepsi  :  Guru menanyakan apa yang dimaksud berkembang biak ?
-   Motivasi    :  Apa tujuan makhluk hidup berkembang biak ?
-   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

b.  Kegiatan inti
-    Peserta didik duduk sesuai kelompok masing-masing.
-    Peserta didik diskusi dan melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS  materi perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan dengan teliti serta bekerja sama.
-    Menunjuk perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatan, kelompok lain menanggapi dan memberi masukan untuk memperoleh kesepahaman dan kebenaran konsep perkembangiakan pada tumbuhan dan hewan.
-    Guru memberi konfirmasi untuk penguatan tentang materi yang didiskusikan.

c.   Penutup
-    Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan dan rangkuman.
-    Penilaian
-    Refleksi   :   Peserta didik menjelaskan perbedaan perkembangbiakan generatif dan vegetatif beserta contohnya
-   Guru memberi tugas kelompok pada peserta didik.
-   Berdoa
-   Menutup pelajaran dengan tertib pada waktunya.

H.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.   Buku biologi IX, buku yang relevan.
2.   Carta perkembangbiakan
3.   LKS, lingkungan




I.  PENILAIAN

Indikator pencapaian
Teknik penilaian
Bentuk instru- 
ment
Contoh instrument
Mengaitkan perilaku adaptasi hewan dan tumbuhan tertentu di lingkungan dengan kelangsungan hidup dengan rasa ingin tahu, kritis, logis, peduli lingkungan, cinta ilmu.
Tes tertulis
PG
1. Adaptasi pada makhluk hidup bertujuan :
    a.  mendapat energi lebih banyak
b.  dapat berkembangbiak dengan baik
c.  mempertahankan hidup lebih lama
d.  mendapat makanan yang sesuai

2. Serangga yang type mulut     menggigit terdapat pada
    a. lalat, kupu-kupu
    b. lebah, semut
    c. semut, belalang
    d. belalang, lalat

3. Ikan hiu tidak dapat hidup di air tawar karena
    a. arus air deras
    b. kadar garamnya sangat  rendah
    c. intensitas cahaya tinggi
    d. kadar garamnya tinggi

4.  Rayap dewasa sering mema-kan kelupasan kulitnya. Hal ini bertujuan
 a. mendapat makan yang mudah
       b. membersihkan ling-kungan
       c. mengurangi pengeluaran air
       d. mendapat kembali flagellata
5.  Kerbau berkubang pada air yang berlumpur. Hal ini merupakan adaptasi
      a. terhadap air
      b. morfologi
      c. fisiologi
      d. tingkah laku
Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki secara teliti, kritis, logis.
Tes tertulis
Tes uraian
6. Apa yang dimaksud seleksi alam ?

7. Sebutkan factor-faktor yang menyebabkan punahnya suatu makhluk hidup


Menjelaskan hubungan interspesifik (antar spesies) dengan seleksi alam dengan kritis, logis, sistematis
Tes tertulis
Tes uraian
8. Bagaimana keadaan populasi kupu-kupu Biston bitularia  di Inggris sebelum revolusi industri dan setelah revolusi industri ? Jelaskan !
Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup secara logis.
Tes tertulis
Tes uraian
9. Apa tujuan makhluk hidup berkembangbiak ?


10. Jelaskan perbedaan perkembangbiakan vegetatif dan generatif !

Menjelaskan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan dengan mengerjakan tugas secara jujur, mandiri dan tanggung jawab

Penu-gasan
Tugas rumah kelom-pok
Buat laporan cara perkem-bangbiakan vegetatif buatan dengan menggunakan gambar dan langkah kerjanya pada mencangkok, stek, menempel, menyambung, merunduk



                                                                      
Mengetahui,

Gondangwetan……………………2012
Kepala Sekolah SMP N 1 Gondangwetan

Guru Mata Pelajaran





Hj.TANTI RAYAHU  S.Pd , MM

NIP.19600705 198101 2002






ANIK SULISTYOWATI, S.Pd

NIP. 19741212 200801 2012




















LKS
ADAPTASI MORFOLOGI PADA TUMBUHAN


Kegiatan  1
Tujuan   :  mengenal bentuk adaptasi pada tumbuhan yang hidup dilingkungan yang tidak tercemar.
Alat dan bahan :
Melati air                                             -   kaktus
-  lidah buaya                                          -    keladi
-  kangkung                                             -   kunyit

Cara kerja :
1.. Kumpulkan berbagai jenis tanaman yang ada lingungan sekitar
2.  Lakukan pengamatan mengenai akar, batang, daun
3.  Kelompokkan jenis tumbuhan hidrofit, higrofit dan xerofit berdasar ciri yang ada
4.  Isikan hasil pengamatan ke dalam tabel berikut ini

No
Nama tumbuhan
Ciri-ciri
Jenis tumbuhan
Akar
Batang
Daun
1





2





3





4





5





6





   Jenis tumbuhan meliputi : hidrofit, higrofit, xerofit.

Analisa:
1.  Mengapa semua tumbuhan tersebut memiliki akar, batang , daun yang berbeda ?
      ………………………………………………………………………………….
      …………………………………………………………………………………..
      …………………………………………………………………………………..
2.  Adakah hubungan perbedaan tersebut dengan tempat hidupnya ?
     …………………………………………………………………………………..
     …………………………………………………………………………………..
3.  Buat kesimpulan dari kegiatan tersebut yang berkaitan dengan cara adaptasi  tumbuhan dengan tempat hidupnya!
      ……………………………………………………………………………………
      …………………………………………………………………………………….
     ……………………………………………………………………………………..






LKS
ADAPTASI MORFOLOGI PADA HEWAN


Kegiatan  2
Tujuan   :   Mengenal bentuk adaptasi pada hewan sesuai dengan lingkunganya
Alat  dan bahan :
1. carta beberapa jenis hewan
2. Buku Biologi IX, buku yang relevan

Cara kerja :
1.  Amati berbagai jenis carta hewan
2.  Tulis bentuk adaptasi morfologi pada hewan tersebut
3.   Isikan hasil pengamatan ke dalam tabel. 

No
Nama hewan
Bentuk adaptasi morfologi
Fungsi
1
Ikan gabus
.                                  


2
Pinguin



3
Unta



4
Harimau



5
Burung pelatuk



6
Belalang




Analisa :
1. Bagaimana bentuk adaptasi morfologi hewan yang hidup di air ?
    ………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………..
2.  Bagaimana bentuk adaptasi morfologi hewan yang hidup di tempat panas/daerah kering ?...................................................................................................................
      ……………………………………………………………………………………
3.  Bagaimana bentuk adaptasi morfologi hewan kutub ?
     ……………………………………………………………………………………..
     …………………………………………………………………………………….. 
     ……………………………………………………………………………………..
     ……………………………………………………………………………………..





LKS
ADAPTASI FISIOLOGI



Kegiatan  3

Tujuan  :   Mengenal adaptasi fisiologi pada makhluk hidup sesuai dengan lingkungan yang ditempati

Alat dan bahan :
1. buku biologi IX
2. buku yang relevan

Cara kerja
1.  Bacalah buku tentang adaptasi fisiologi
2.  Diskusikan bersama kelompokmu, bentuk adaptasi fisiologi berbagai organisme di bawah ini
3.  Isikan hasil diskusimu ke tabel di bawah ini

No
Organisme
Bentuk adaptasi fisiologi
Fungsi
1
Kuda


2
Rayap


3
Ikan air laut


4
Cacing teredo


5
Walang sangit


6
Bunga mawar


7
Ular


8
Orang yang tinggal di pegunungan



Analisa

1.  Mengapa adaptasi fisiologi sulit dikenal?
     …………………………………………………………………………………..
     …………………………………………………………………………………..
2. Apakah tujuan makhluk hidup beradaptasi ?
    ……………………………………………………………………………………..
    ……………………………………………………………………………………
3.  Bagaimana kelangsungan organisme yang tidak beradaptasi
    ……………………………………………………………………………………
    …………………………………………………………………………………….





LKS
SELEKSI ALAM DAN EVOLUSI


Kegiatan 4

Tujuan :
1.  Mengetahui adanya peristiwa seleksi alam
2.  Menjelaskan bahwa bentuk tubuh, struktur atau jenis warna makhluk hidup  membantu mereka tersamar dalam lingkungan.

Alat dan bahan
1.  biji biji yang memiliki warna berbeda: biji kacang hijau, biji kacang tanah, biji jagung  masing-masing 50 biji
2.  Lapangan rumput hijau

Cara kerja :
1.  Carilah suatu lapangan rumput hijau.
2.  Buat batas lapangan 3 meter persegi
3.  Tebarkan biji-biji tersebut secara merata
4.  Kemudian pungut kembali biji tersebut dalam waktu 2 menit
5.  Hitung masing-masing biji yang terambil kembali, dengan tabel pengamatan sebagai berikut

No
Macam biji
Jumlah  awal
Jumlah yang terambil
selisih
1
Kacang hijau



2
Kacang tanah



3
Jagung




Analsa:
1.   Bagaimana jumlah biji masing-masing sebelum  ditebar dan setelah dipungut  kembali ?...........................................................................................................
2.   Pada biji apakah yang paling banyak terambil?
      Pada biji apakah yang paling sedikit terambil ?
      Mengapa demikian?  Jelaskan !........................................................................
      ………………………………………………………………………………..
3.   Jika percobaanmu benar. Apakah yang dapat kita simpulkan itu merupakan peristiwa seleksi alam ?.....................................................................................
      ……………………………………………………………………………….
4.  Dalam percobaan di atas dari biji apakan tersamar dengan lingkungannya ( lapangan rumput) ?..............................................................................................
5.  Sebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinya seleksi alam !
     a. ………………………………
     b.  ………………………………
     c.  ……………………………….
     d.  ………………………………
6.  Sebutkan contoh hewan yang terkena seleksi alam !
     ………………………………………………………………………………….

LKS
PERKEMBANGBIAKAN



Kegiatan 5
Tujuan  :  Mengenal perkembangbiakan makhluk hidup sesuai dengan lingkunganya
Alat dan bahan
1.   Buku paket biologi 3
2.   Rimpang jahe/kunyit, lengkuas. Batang melati. Bawang merah, kentang, rumput, batang kamboja, cocor bebek, wortel, umbi talas, suplir
Cara kerja
1.   Amati semua bahan dengan cermat
2.   Berdasar pengetahuan yang kamu miliki diskusikan dengan kelompokmu, bagaiamana  tumbuhan tersebut berkembang biak
3.   Tulis hasil pengamatan dalam tabel
4.   Bila ada tumbuhan yang berkembang biak dengan lebih dari satu cara tuliskan juga dalam tabel

Tabel hasil pengamatan
No
Nama tumbuan
Jenis organ yang diamati
Cara berkembang biak
1



2



3



4



5



6




Analisa
1.  Apa tujuan makhluk hidup berkembangbiak ?
     ……………………………………………………………………………………
2.  Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup suatu organisme ?
     …………………………………………………………………………………
     ………………………………………………………………………………..
 3.  Apakah fungsi suaka margasatwa dan cagar alam ?
       …………………………………………………………………………………
      …………………………………………………………………………………
4.  Tuliskan 5 contoh hewan langka yang dilindungi pemerintah !
    ………………………………………………………………………………
     ………………………………………………………………………………..
5.  Sebutkan factor-faktor yang menyebabkan punahnya makhluk hidup !
     ………………………………………………………………………………..
     ……………………………………………………………………………….
6.  Tumbuhan apakah yang dapat berkembang biak dengan tunas ?
     ………………………………………………………………………….
7.  Sebutkan cara berkembangbiak dari macam tumbuhan di atas ?
     ……………………………………………………………………………..
     ……………………………………………………………………………..


Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………                         










































LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN PRESENTASI



No
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jum lah skor
Keleng kapan dukungan data
Kesesua ian dengan masalah
Sikap dalam menang gapi
Kelaya kan media presen tasi
Alur berfi kir
Keper cayaan diri
3
3
3
3
3
3
18
1








2








3








4








5








dst










Keterangan
KELENGKAPAN DUKUNGAN DATA
3. Materi sajian didukung data yang cukup
2. Ada materi sajian yang tidak didukung data yang cukup
1. Materi sajian tidak didukung data

KESESUAIAN DENGAN MASALAH
3. materi sajian dan data sesuai masalah
2. materi sajian keluar dari konteks masalah
1. materi sajian dan data tidak sesuai dengan masalah

SIKAP DALAM MENANGGAPI TANGGAPAN
3. Tenang, sesuai konteks, ringkas
2. sesuai konteks, tenang, bertele-tele
1. tidak sesuai konteks, emosional, bertele-tele

KELAYAKAN MEDIA PRESENTASI
3. Media sederhana dan informative
2. media rumit meskipun informative
1. media rumit dan tidak informative

ALUR BERFIKIR
3. Logis dan sistematis
2. logis tetapi tidak sistematis
1. tidak logis dan acak

KEPERCAYAAN DIRI
3. mantap, lugas dan tenang
2. ragu-ragu, lugas, tenang
1. ragu-ragu, berbelit, tidak tenang.

LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MENANGGAPI PRESENTASI



No
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jumlah skor
Kesesua ian deng an masalah
Sikap dal am menang gapi
Alur berfikir
Kandung an infor masi baru
3
3
3
3
12
1






2






3






4






5






Dst








Keterangan : dengan materi


KESESUAIAN DENGAN MASALAH
3. Tanggapan sesuai dengan masalah
2. tanggapan sedikit menyimpang dari masalah
1. tanggapan tidak sesuai dengan masalah

SIKAP DALAM MEMBERI TANGGAPAN
3. tenang, sesuai konteks, ringkas
2. sesuai konteks, tenang, bertele-tele
1. tidak sesuai konteks, emosional, bertele-tele

ALUR BERFIKIR
3. logis dan sistematis
2. logis tetapi tidak sistematis
1. tidak logis dan acak

KANDUNGAN INFORMASI BARU
3. Tanggapan memberi informasi baru sesuai dengan materi
2. tanggapan mengandung informasi baru, namun tidak sesuai materi
1. tanggapan tidak mengandung informasi baru dan keluar dari materi









LEMBAR PENILAIAN
PORTOPOLIO HASIL PENUGASAN



No
Nma peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jum lah skor
Ketepatan menyelesa ikan tugas
Keleng kapan
Kesesua ian dengan materi
Kualitas materi laporan
3
3
3
3
12
1






2






3






4






5






dst







KETERANGAN:

KETEPATAN MENGUMPULKAN TUGAS
3. sesuai dengan janji
2. terlambat namun belum sampai waktu presentasi
1. terlambat, melebihi waktu presentasi

KELENGKAPAN
3. ada semua komponen tugas
2. ada satu bagian komponen yang tidak ada
1. ada lebih dari satu bagian yang tidak ada

KESESUAIAN DENGAN MATERI
3. tugas yang dikumpulkan sesuai dengan materi
2. tugas keluar dari materi
1. tidak sesuai dengan materi

KUALITAS MATERI LAPORAN
3. lengkap, logis, sistematis, sesuai tujuan
2. logis, sistematis, sesuai tujuan, tidak lengkap
1. logis, tidak sistematis, tidak sesuai tujuan, kurang lengkap











LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MELAKUKAN PENGAMATAN



No
Nama perserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jumlah skor
Sesuai sasaran pengamatan
Apa adanya/ kejujuran
Kesesuaian alat bantu pengamatan
3
3
3
9
1





2





3





4





5





dst






Keterangan :
I. SESUAI SASARAN PENGAMATAN
   3. sasaran pengamatan sesuai dengan data yang diminta
   2. ada sasaran pengamatan yang tidak sesuai
   1. sasaran pengamatan salah

II. JUJUR
   3. menuliskan data sesuai hasil pengamatan
   2. sebagian data bukan hasil pengamatan
   3. semua data diambil bukan dari pengamatan

III. KESESUAIAN ALAT BANTU PENGAMATAN
     3. alat pengamatan sesuai dengan obyek
     2. alat pengamatan ada yang tidak sesuai
     1. alat pengamatan tidak sesuai

















LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN ORGANISASI  DATA


No
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jumlah skor
Keleng-kapan
Kesesuaian dengan masalah
Keju-juran
Siste-
matik
3
3
3
3
12
1






2






3






4






5






dst







Keterangan :
I. KELENGKAPAN
   3. mencatat semua data yang dibutuhkan untuk mengambil kesimpulan
   2. mencatat data yang perlu tambahan data dan untuk mengambil kesimpulan
   1. data tidak cukup untuk mengambil  kesimpulan

II. KESESUAIAN DENGAN MASALAH
    3. data sesuai dengan masalah
    2. ada data yang menyimpang dari masalah
    1. data tidak sesuai dengan masalah

III. KEJUJURAN
     3. data sesuai dengan hasil pengamatan sendiri
     2. ada data yang diperoleh dari bukan pengamatan sendiri
     1. data bukan dari hasil pengamatan sendiri

IV. SISTEMATIKA
      3. susunan data memudahkan analisis dan pemaknaan
      2. data tersusun rapi tapi tidak terpola
      1.  data tidak rapi  dan tidak berpola
 

  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah                     :  SMP Negeri 1 Gondangwetan
Mata pelajaran          :   Biologi
Kelas/semester          :  IX / 2
Alokasi waktu           :   6 jam pelajaran (3 x pertemuan )
SKM                          :  75

A.  STANDAR KOMPETENSI
      2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
      Standart kompetensi Lingkungan Hidup
       XI.  Pemanasan global

       B.  KOMPETENSI DASAR
      2.1.  Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi,   seleksi alam dan perkembangbiakan dalam rangka untuk mejaga kelestarian alam
       Kompetensi Dasar Lingkungan Hidup
       XI.3. Dampak pemanasan global pada lingkungan

C. INDIKATOR
     1.    Mengaitkan perilaku adaptasi tumbuhan dan hewan tertentu di lingkungannya  dengan kelangsungan hidup dengan rasa ingin tahu, kritis, logis, peduli lingkungan dan cinta ilmu
2.   Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki secara teliti, kritis dan logis. dalam rangka untuk mejaga kelangsungan hidup mahluk hidup
3.   Menjelaskan hubungan interspesifik ( antar populasi) dengan seleksi alam dengan kritis, logis dan sistematis serta memperhatikan keseimbangan lingkungan
4.   Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup secara logis. Dengan memperhatikan fungsi masing-masing supaya tetap terjaga keseimbangan lingkungan
5.   Menjelaskan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan  dengan mengerjakan tugas secara jujur, mandiri dan tanggung jawab  supaya siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan
      
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan  1 :
1.   Menjelaskan peranan adaptasi makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya dengan ingin tahu dan logis.supaya keseimbangan lingkungan tetap terjaga
2.   Menjelaskan macam-macam adaptasi makhluk hidup melalui study pustaka, pengamatan dengan rasa ingin tahu, kritis peduli lingkungan dan cinta ilmu.
3.   Menyebutkan contoh adaptasi secara logis .sesuai dengan jaring-jaring lingkungan agar keseimbangan nya tetap terjaga

Pertemuan  2 :
1.   Menjelaskan pengertian seleksi alam secara teliti, kritis dan logis.sesuai dengan keseimbangan lingkungan
2.   Memprediksikan punahnya jenis makhluk hidup akibat seleksi alam secara kritis, logis dan sistematis serta menjaga cara melestarikannya.
 3.   Menjelaskan hubungan antar populasi dengan seleksi alam secara kritis, logis dan sisitematis serta memperhatikan kelestarian alam.
4.   Menjelaskan hubungan antara  adaptasi dan seleksi alam secara kritis, logis dan sistematis dengan tidak merugikan keseimbangan lingkungan.

Pertemuan   3  :
1.  Menjelaskan peranan perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup dengan ingin tahu dan logis sesuai dengan memperhatikan kaidah lingkungan yg sehat.
2.   Menjelaskan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan dengan penugasan berdasar pemikiran sendiri ( mandiri), jujur dan bertanggung jawab dengan mencari contoh perkembangbiakan hewan dan tumbuhan yang ada dilingkungan sekitar.

E.  MATERI PEMBELAJARAN
1.   ADAPTASI
Adaptasi adalah  kemampuan makhluk hidup menyesuaiakan diri dengan lingkungan. Cara adaptasi pada makhluk hidup berbeda beda  sesuai dengan ciri dan kemampuan yang dimiliki. Tujuannya untuk mempertahankan hidup atau untuk kelangsungan hidupnya dengan tidak mengganggu keseimbangan lingkungan.

Macam-macam adaptasi
a.  Adaptasi morfologi
     Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh atau alat tubuh makhluk hidup dengan lingkungan.
      Contoh adaptasi morfologi pada hewan
      1.  macam-macam bentuk paruh pada burung
         
No
Nama burung
Bentuk paruh
Fungsi
1
Flamingo
Seperti sisir
Menyaring makanan di air
2
Nuri
Pendek, kuat
Makan biji
3
Elang
Runcing, panjang, membengkok
Merobek daging
4
Pelikan
Panjang, lebar, berkantong
Makanan yang licin (ikan)
5
Kolibri
Kecil, runcing, panjang
Menghisap madu
    
     
2.  macam-macam bentuk kaki pada burung

No
Nama burung
Bentuk kaki
Fungsi
1
Kutilang
Kaki panjang dan semua jari terletak pada satu bidang datar
bertengger
2
Pelatuk
Dua jari ke depan dua jari ke belakang
Memanjat
3
Angsa
Terdapat selaput renang pada kaki
Berenang
4
Elang rajawali
Ukuran pendek, kuat
Mencengkeram mangsa
   
     3.    Bentuk/type mulut pada serangga
Secara umum , mulut serangga terdiri satu bibir atas (labium), sepasang rahang ( mandibula ), satu hipofaring, sepasang maksila, satu bibir bawah (labium ). Type mulut penggigit contohnya semut, type mulut penusuk kutu, type mulut penusuk dan penghisap contohnya nyamuk, type mulut penghisap contohnya kupu-kupu, type mulut penjilat contohnya lalat, lebah.
Contoh adaptasi morfologi pada tumbuhan
1.   Tumbuhan Xerofit
      Tumbuhan yang beradaptasi untuk daerah yang kering/kekurangan air.
Ciri-ciri :
-          daun sempit, tebal, kecil dan berubah menjadi sisik, bulu atau duri
-          Permukaan tubuhnya diselimuti oleh lapisan lilin
-          Perakarannya panjang dan luas
Contoh : tumbuhan kaktus
2.   Tumbuhan higrofit
Tumbuhan yang beradaptasi untuk daerah yang lembab.
Ciri-ciri:
-          Daun  tipis,
-          Stomata terdapat di atas atau bawah permukaan daun
-          Akar pendek
Contoh:  tumbuhan paku, lumut
3.   Tumbuhan Hidrofit
Tumbuhan yang beradaptasi untuk hidup di air.
Ciri-ciri ;
-          Daun lebar dan tipis untuk mempercepat penguapan
-          Stomata berada dipermukaan atas daun
-          Batang berongga
-          Akar bercabang, pendek
Contoh ; Teratai, enceng gondok, kangkung




b.   Adaptasi Fisiologi
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian makhluk hidup yang didasarkan pada fungsi alat tubuh.
Contoh ;
1.   Adaptasi terhadap kadar oksigen
      Jumlah sel darah merah orang di dataran tinggi/pegunungan lebih  banyak di bandingkan dengan dataran rendah. Kadar oksigen di dataran rendah lebih banyak dibanding dataran tinggi.
2.   Adaptasi pada system pencernaan
      Herbivora mempunyai enzim selulose untuk mencerna tumbuhan, Teredo navalis , mempunyai enzim selulose untuk memcerna kayu.
3.   Adaptasi terhadap salinitas ( kadar garam )
      Ikan yang hidup di air asin/laut beradaptasi dengan mengeluarkan urine sedikit, pekat dan banyak minum air, sedang ikan yang hidup di air tawar/kadar garam rendah beradaptasi dengan mengeluarkan urine banyak, encer dan sedikit minum.
4.   Bau yang khas, Contoh : walang sangit
5.   Bau yang harum, pada bermacam-macam bunga

c.   Adaptasi tingkah laku
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan didasarkan pada tingkah laku.
Contoh :
1.   Mimikri : merubah warna sesuai dengan tempat saat itu,  pada bunglon
2.   Autotomi : mengelabuhi musuh dengan memutuskan ekornya, pada cecak
3.   Hibernasi : istirahat saat musim dingin untuk menghemat energi, pada ular, kura-kura, ikan

4.   Estivasi  : istirahat saat musim panas untuk menghemat energi, pada lemur kerdil, kelelawar, tupai. Golongan tumbuhan Zingiberaceae (jahe-jahean), rerumputan, pohon jati dengan menggugurkan daunnya saat musim kemarau.
5.   Rayap secara periodic memakan kembali kelupasan kulinya untuk memperoleh flagellate.
6.   Mamalia air ( iakn paus, lumba-lumba) secara periodik muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen.
7.  Cumi-cumi mengeluarkan tinta pada saat diserang musuh.






2.   SELEKSI ALAM
      Seleksi alam adalah proses pemilihan atau penyeleksian yang di lakukan oleh alam terhadap makhluk hidup, yang mampu beradaptasi akan tetap hidup dan yang tidak mampu beradaptasi akan mati (punah) . Contoh : Dinosaurus, kupu-kupu Biston bitularia, .
      Penyebab punahnya makhluk hidup :
-          Daya regenerasi rendah
-          Bencana alam
-          Kalah bersaing
-          Gangguan manusia   

3.   PERKEMBANGBIAKAN
      Perkembangbiakan/reproduksi  merupakan upaya makhluk hidup untuk melestarikan jenisnya supaya tidak punah.
Cara perkembangbiakan makhluk hidup, ada 2 cara, yaitu :
a.   Perkembangbiakan secara vegetatif
      adalah terjadinya individu baru berasal dari bagian tubuh induknya.
Perkembangbiakan  vegetatif pada hewan :
1. Pembelahan
    Ada 2 macam :
-          Pembelahan biner : pembelahan dari satu sel menjadi 2 sel,
Contoh : bakteri, Paramaecium, Amoeba, Euglena
-          Pembelahan multiple :  pembelahan dari satu sel menjadi banyak sel
Contoh : plasmodium
2.  Tunas (buding): terbentuk dari tonjolan tubuh induknya
      Contoh : hydra, Ubur-ubur
3.  Fragmentasi :  individu baru dari potongan tubuh induknya.
      Contoh ;  Bintang laut, planaria
4.  Partenogenesis :  individu baruberasal dari sel telur yang tidak dibuahi
     Contoh :  rayap, lebah.

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan :
Ada 2 macam, yaitu :
1. Vegetatif alami
     a.   Geragih :  batang yang tumbuh menjalar di permukaan tanah,
           contoh : pegagan, rumput teki, semanggi, kuncung semar
b.   umbi lapis/bulbil ; batang pendek di bawah permukaan tanah yang  dibungkus oleh helaian daun, contoh ; bawang, bakung
c.   Umbi batang : batang yang membengkak di dalam tanah sebagai  cadangan makanan, contoh ; kentang
d.   Umbi akar : akar yang menggembung berisi cadangan makanan,
      contoh : ubi jalar, dahlia
e.   Rhizoma :  batang yang tumbuh di dalam tanah, contoh : kunyit, jahe,  lengkuas, alang-alang
f.   Tunas adventif : tunas yang tumbuh selain pada batang dan ketiak daun, contoh : kersen (talok), cocor bebek
g.   Tunas/ Anakan : tunas yang tumbuh pada pangkal batang membentuk individu baru, contoh : pisang, bambu
2.  Vegetatif buatan
a.   mencangkok : membungkus bagian batang yang telah dikuliti dengan tanah agar tumbuh akar
b.   Stek :  memotong bagian tanaman
c.    Merunduk :  membelokkan bagian ranting ke dalam tanah.
d.   Okulasi/menempel : menempelkan mata tunas pada pohon lain
e.    Menyambung : menggabungkan batang dua pohon yang berbeda.

b.   Perkembangbiakan secara generatif.
      Yaitu terbentuknya individu baru didahului dengan pertemuan antara sel kelamin jantan  (sperma ) dengan sel kelamin betina (ovum).
Ciri perkembangbiakan secara generatif :
-          melibatkan dua individu
-          individu baru merupakan sifat gabungan dari ke dua induknya
Perkembangbiakan pada hewan tingkat rendah :
1.   Isogami
      Sel kelamin jantan dan sel kelamin betina mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Contoh : Chlamydomonas.
2.   Anisogami
      Sel kelamin jantan dan betina mempunyai bentu dan ukuran berbeda. Contoh : Plasmodium, Oedogonium.
Perkembangbiakan pada hewan tingkat tinggi :
Terjadi secara :
1.   Fertilisasi eksternal .
      Fertilisasi yang terjadi di luar tubuh induk, misalnya di air.
      Contoh :  ikan, katak
2.   Fertilisasi internal
      Fertilisasi yang terjadi di dalam tubuh induk betina.
      Contoh : Reptilia, aves, mamalia

Selain perkembangbiakan diatas ada makhluk hidup yang perkembang-biakannya gabungan keduanya,  yaitu dengan pergantian keturunan antara fase generatif dan fase vegetatif ( disebut metagenesis), contohnya pada tumbuhan lumut dan paku.  Hydra bisa berkembangbiak secara vegetatif dan generatif.




                
F.  METODE PEMBELAJARAN
1. Diskusi, Tanya jawab
2. Observasi/ pengamatan
3. Penugasan
4. presentasi

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      1.  Pertemuan  1

            a.  Pendahuluan
-   Berdoa
-   Mengecek kehadiran paserta didik
-   Menanyakan kabar peserta didik dengan fokus pada mereka yang tidak    hadir pada pertemuan sebelumnya.


-   Apersepsi  :  Menurut pendapatmu apa yang dimaksud kelangsungan  hidup makhluk hidup ?
                           Apa yang kamu lakukan jika udara dingin ?
-   Motivasi   :   Usaha apa saja yang dilakukan makhluk hidup agar tetap lestari namun tidak mengganggu keseimbangan lingkungan ?
-   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

b.   Kegiatan inti
-    Guru menyampaikan materi secara deklaratif tentang adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.
-    Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok yang masing-masing 4 siswa, untuk duduk berhadapan.
-    Peserta didik melakukan diskusi, pengamatan sesuai petunjuk yang ada di  LKS mengenai materi adaptasi.
-    Peserta didik memasukkan hasil pengamatan ke tabel pengamatan dengan rasa ingin tahu, kritis, logis, peduli lingkungan dan cinta ilmu.
-    Menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil peng- amatan, kelompok  lain memberikan tanggapan dan masukan sehingga menemukan kesepakatan bersama tentang konsep adaptasi.
-    Guru memberikan konfirmasi untuk penguatan dan untuk perbaikan tentang materi yang telah didiskusikan.

c.   Penutup
-    Guru  bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran.
-    Guru memberi penghargaan pada siswa yang aktif.
-    Penilaian
-    Refleksi  :  Peserta didik menyebutkan 3 macam adaptasi serta faktor-    faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup.


-   Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari seleksi alam, menyuruh siswa untuk membawa bahan yang dibutuhkan sesuai petunjuk di LKS.
-    Berdoa
-    Menutup pelajaran dengan tertib pada waktunya.
  
2.   Pertemuan  2
a.   Pendahuluan
-    Berdoa
-    Mengecek kehadiran peserta didik
-    Menanyaka kabar peserta didik dengan fokus pada mereka yang tidak hadir pada pertemuan sebelumnya.
-    Apersepsi   :   Menanyakan tugas pertemuan sebelumnya.
-    Motivasi     :   Masih ingatkah kalian tujuan adaptasi ?
                             Apakah semua makhluk hidup mampu beradaptasi
                            dengan lingkungan yang baru  ?
-          Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

b.   Kegiatan inti
-    Guru menyampaikan materi secara deklaratif mengenai seleksi alam dan faktor penyebab punahnya makhluk hidup.
-    Peserta didik duduk sesuai kelpmpoknya masing-masing.
-    peserta didik diskusi dan melakukan pengamatan sesuai petunjuk yang ada di LKS  tentang materi seleksi alam.
-    Peserta didik memasukkan hasil pengamatan ke dalam tabel pengamatan secara jujur, teliti, kritis, logis.
-    Guru memberi konfirmasi untuk penguatan dan atau perbaikan tentang materi yang telah didiskusikan.

c.   Penutup
-    Guru dan paserta didik membuat kesimpulan.
-    Memberi penghargaan pada siswa yang aktif .
-    penilaian.
-    Refleksi   :   Peserta didik menjelaskan pengertian seleksi alam dan   faktor-faktor yang menyebabkan punahnya makhluk hidup.
-   Guru menginformasikan materi pertemuan berikutnya, adalah perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.
-    Berdoa.
-    Menutup pelajaran dengan tertib pada waktunya.

3.   Peretemuan ke  3
a.   Pendahuluan
-    Berdoa
-    Mengecek kehadiran peserta didik,  dengan fokus pada peserta didik yang pertemuan sebelumnya tidak hadir.

-   Apersepsi  :  Guru menanyakan apa yang dimaksud berkembang biak ?
-   Motivasi    :  Apa tujuan makhluk hidup berkembang biak ?
-   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

b.  Kegiatan inti
-    Peserta didik duduk sesuai kelompok masing-masing.
-    Peserta didik diskusi dan melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS  materi perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan dengan teliti serta bekerja sama.
-    Menunjuk perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatan, kelompok lain menanggapi dan memberi masukan untuk memperoleh kesepahaman dan kebenaran konsep perkembangiakan pada tumbuhan dan hewan.
-    Guru memberi konfirmasi untuk penguatan tentang materi yang didiskusikan.

c.   Penutup
-    Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan dan rangkuman.
-    Penilaian
-    Refleksi   :   Peserta didik menjelaskan perbedaan perkembangbiakan generatif dan vegetatif beserta contohnya
-   Guru memberi tugas kelompok pada peserta didik.
-   Berdoa
-   Menutup pelajaran dengan tertib pada waktunya.

H.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.   Buku biologi IX, buku yang relevan.
2.   Carta perkembangbiakan
3.   LKS, lingkungan




I.  PENILAIAN

Indikator pencapaian
Teknik penilaian
Bentuk instru- 
ment
Contoh instrument
Mengaitkan perilaku adaptasi hewan dan tumbuhan tertentu di lingkungan dengan kelangsungan hidup dengan rasa ingin tahu, kritis, logis, peduli lingkungan, cinta ilmu.
Tes tertulis
PG
1. Adaptasi pada makhluk hidup bertujuan :
    a.  mendapat energi lebih banyak
b.  dapat berkembangbiak dengan baik
c.  mempertahankan hidup lebih lama
d.  mendapat makanan yang sesuai

2. Serangga yang type mulut     menggigit terdapat pada
    a. lalat, kupu-kupu
    b. lebah, semut
    c. semut, belalang
    d. belalang, lalat

3. Ikan hiu tidak dapat hidup di air tawar karena
    a. arus air deras
    b. kadar garamnya sangat  rendah
    c. intensitas cahaya tinggi
    d. kadar garamnya tinggi

4.  Rayap dewasa sering mema-kan kelupasan kulitnya. Hal ini bertujuan
 a. mendapat makan yang mudah
       b. membersihkan ling-kungan
       c. mengurangi pengeluaran air
       d. mendapat kembali flagellata
5.  Kerbau berkubang pada air yang berlumpur. Hal ini merupakan adaptasi
      a. terhadap air
      b. morfologi
      c. fisiologi
      d. tingkah laku
Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki secara teliti, kritis, logis.
Tes tertulis
Tes uraian
6. Apa yang dimaksud seleksi alam ?

7. Sebutkan factor-faktor yang menyebabkan punahnya suatu makhluk hidup


Menjelaskan hubungan interspesifik (antar spesies) dengan seleksi alam dengan kritis, logis, sistematis
Tes tertulis
Tes uraian
8. Bagaimana keadaan populasi kupu-kupu Biston bitularia  di Inggris sebelum revolusi industri dan setelah revolusi industri ? Jelaskan !
Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup secara logis.
Tes tertulis
Tes uraian
9. Apa tujuan makhluk hidup berkembangbiak ?


10. Jelaskan perbedaan perkembangbiakan vegetatif dan generatif !

Menjelaskan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan dengan mengerjakan tugas secara jujur, mandiri dan tanggung jawab

Penu-gasan
Tugas rumah kelom-pok
Buat laporan cara perkem-bangbiakan vegetatif buatan dengan menggunakan gambar dan langkah kerjanya pada mencangkok, stek, menempel, menyambung, merunduk



                                                                      
Mengetahui,

Gondangwetan……………………2012
Kepala Sekolah SMP N 1 Gondangwetan

Guru Mata Pelajaran





Hj.TANTI RAYAHU  S.Pd , MM

NIP.19600705 198101 2002






ANIK SULISTYOWATI, S.Pd

NIP. 19741212 200801 2012




















LKS
ADAPTASI MORFOLOGI PADA TUMBUHAN


Kegiatan  1
Tujuan   :  mengenal bentuk adaptasi pada tumbuhan yang hidup dilingkungan yang tidak tercemar.
Alat dan bahan :
Melati air                                             -   kaktus
-  lidah buaya                                          -    keladi
-  kangkung                                             -   kunyit

Cara kerja :
1.. Kumpulkan berbagai jenis tanaman yang ada lingungan sekitar
2.  Lakukan pengamatan mengenai akar, batang, daun
3.  Kelompokkan jenis tumbuhan hidrofit, higrofit dan xerofit berdasar ciri yang ada
4.  Isikan hasil pengamatan ke dalam tabel berikut ini

No
Nama tumbuhan
Ciri-ciri
Jenis tumbuhan
Akar
Batang
Daun
1





2





3





4





5





6





   Jenis tumbuhan meliputi : hidrofit, higrofit, xerofit.

Analisa:
1.  Mengapa semua tumbuhan tersebut memiliki akar, batang , daun yang berbeda ?
      ………………………………………………………………………………….
      …………………………………………………………………………………..
      …………………………………………………………………………………..
2.  Adakah hubungan perbedaan tersebut dengan tempat hidupnya ?
     …………………………………………………………………………………..
     …………………………………………………………………………………..
3.  Buat kesimpulan dari kegiatan tersebut yang berkaitan dengan cara adaptasi  tumbuhan dengan tempat hidupnya!
      ……………………………………………………………………………………
      …………………………………………………………………………………….
     ……………………………………………………………………………………..






LKS
ADAPTASI MORFOLOGI PADA HEWAN


Kegiatan  2
Tujuan   :   Mengenal bentuk adaptasi pada hewan sesuai dengan lingkunganya
Alat  dan bahan :
1. carta beberapa jenis hewan
2. Buku Biologi IX, buku yang relevan

Cara kerja :
1.  Amati berbagai jenis carta hewan
2.  Tulis bentuk adaptasi morfologi pada hewan tersebut
3.   Isikan hasil pengamatan ke dalam tabel. 

No
Nama hewan
Bentuk adaptasi morfologi
Fungsi
1
Ikan gabus
.                                  


2
Pinguin



3
Unta



4
Harimau



5
Burung pelatuk



6
Belalang




Analisa :
1. Bagaimana bentuk adaptasi morfologi hewan yang hidup di air ?
    ………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………..
2.  Bagaimana bentuk adaptasi morfologi hewan yang hidup di tempat panas/daerah kering ?...................................................................................................................
      ……………………………………………………………………………………
3.  Bagaimana bentuk adaptasi morfologi hewan kutub ?
     ……………………………………………………………………………………..
     …………………………………………………………………………………….. 
     ……………………………………………………………………………………..
     ……………………………………………………………………………………..





LKS
ADAPTASI FISIOLOGI



Kegiatan  3

Tujuan  :   Mengenal adaptasi fisiologi pada makhluk hidup sesuai dengan lingkungan yang ditempati

Alat dan bahan :
1. buku biologi IX
2. buku yang relevan

Cara kerja
1.  Bacalah buku tentang adaptasi fisiologi
2.  Diskusikan bersama kelompokmu, bentuk adaptasi fisiologi berbagai organisme di bawah ini
3.  Isikan hasil diskusimu ke tabel di bawah ini

No
Organisme
Bentuk adaptasi fisiologi
Fungsi
1
Kuda


2
Rayap


3
Ikan air laut


4
Cacing teredo


5
Walang sangit


6
Bunga mawar


7
Ular


8
Orang yang tinggal di pegunungan



Analisa

1.  Mengapa adaptasi fisiologi sulit dikenal?
     …………………………………………………………………………………..
     …………………………………………………………………………………..
2. Apakah tujuan makhluk hidup beradaptasi ?
    ……………………………………………………………………………………..
    ……………………………………………………………………………………
3.  Bagaimana kelangsungan organisme yang tidak beradaptasi
    ……………………………………………………………………………………
    …………………………………………………………………………………….





LKS
SELEKSI ALAM DAN EVOLUSI


Kegiatan 4

Tujuan :
1.  Mengetahui adanya peristiwa seleksi alam
2.  Menjelaskan bahwa bentuk tubuh, struktur atau jenis warna makhluk hidup  membantu mereka tersamar dalam lingkungan.

Alat dan bahan
1.  biji biji yang memiliki warna berbeda: biji kacang hijau, biji kacang tanah, biji jagung  masing-masing 50 biji
2.  Lapangan rumput hijau

Cara kerja :
1.  Carilah suatu lapangan rumput hijau.
2.  Buat batas lapangan 3 meter persegi
3.  Tebarkan biji-biji tersebut secara merata
4.  Kemudian pungut kembali biji tersebut dalam waktu 2 menit
5.  Hitung masing-masing biji yang terambil kembali, dengan tabel pengamatan sebagai berikut

No
Macam biji
Jumlah  awal
Jumlah yang terambil
selisih
1
Kacang hijau



2
Kacang tanah



3
Jagung




Analsa:
1.   Bagaimana jumlah biji masing-masing sebelum  ditebar dan setelah dipungut  kembali ?...........................................................................................................
2.   Pada biji apakah yang paling banyak terambil?
      Pada biji apakah yang paling sedikit terambil ?
      Mengapa demikian?  Jelaskan !........................................................................
      ………………………………………………………………………………..
3.   Jika percobaanmu benar. Apakah yang dapat kita simpulkan itu merupakan peristiwa seleksi alam ?.....................................................................................
      ……………………………………………………………………………….
4.  Dalam percobaan di atas dari biji apakan tersamar dengan lingkungannya ( lapangan rumput) ?..............................................................................................
5.  Sebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinya seleksi alam !
     a. ………………………………
     b.  ………………………………
     c.  ……………………………….
     d.  ………………………………
6.  Sebutkan contoh hewan yang terkena seleksi alam !
     ………………………………………………………………………………….

LKS
PERKEMBANGBIAKAN



Kegiatan 5
Tujuan  :  Mengenal perkembangbiakan makhluk hidup sesuai dengan lingkunganya
Alat dan bahan
1.   Buku paket biologi 3
2.   Rimpang jahe/kunyit, lengkuas. Batang melati. Bawang merah, kentang, rumput, batang kamboja, cocor bebek, wortel, umbi talas, suplir
Cara kerja
1.   Amati semua bahan dengan cermat
2.   Berdasar pengetahuan yang kamu miliki diskusikan dengan kelompokmu, bagaiamana  tumbuhan tersebut berkembang biak
3.   Tulis hasil pengamatan dalam tabel
4.   Bila ada tumbuhan yang berkembang biak dengan lebih dari satu cara tuliskan juga dalam tabel

Tabel hasil pengamatan
No
Nama tumbuan
Jenis organ yang diamati
Cara berkembang biak
1



2



3



4



5



6




Analisa
1.  Apa tujuan makhluk hidup berkembangbiak ?
     ……………………………………………………………………………………
2.  Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup suatu organisme ?
     …………………………………………………………………………………
     ………………………………………………………………………………..
 3.  Apakah fungsi suaka margasatwa dan cagar alam ?
       …………………………………………………………………………………
      …………………………………………………………………………………
4.  Tuliskan 5 contoh hewan langka yang dilindungi pemerintah !
    ………………………………………………………………………………
     ………………………………………………………………………………..
5.  Sebutkan factor-faktor yang menyebabkan punahnya makhluk hidup !
     ………………………………………………………………………………..
     ……………………………………………………………………………….
6.  Tumbuhan apakah yang dapat berkembang biak dengan tunas ?
     ………………………………………………………………………….
7.  Sebutkan cara berkembangbiak dari macam tumbuhan di atas ?
     ……………………………………………………………………………..
     ……………………………………………………………………………..


Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………                         










































LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN PRESENTASI



No
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jum lah skor
Keleng kapan dukungan data
Kesesua ian dengan masalah
Sikap dalam menang gapi
Kelaya kan media presen tasi
Alur berfi kir
Keper cayaan diri
3
3
3
3
3
3
18
1








2








3








4








5








dst










Keterangan
KELENGKAPAN DUKUNGAN DATA
3. Materi sajian didukung data yang cukup
2. Ada materi sajian yang tidak didukung data yang cukup
1. Materi sajian tidak didukung data

KESESUAIAN DENGAN MASALAH
3. materi sajian dan data sesuai masalah
2. materi sajian keluar dari konteks masalah
1. materi sajian dan data tidak sesuai dengan masalah

SIKAP DALAM MENANGGAPI TANGGAPAN
3. Tenang, sesuai konteks, ringkas
2. sesuai konteks, tenang, bertele-tele
1. tidak sesuai konteks, emosional, bertele-tele

KELAYAKAN MEDIA PRESENTASI
3. Media sederhana dan informative
2. media rumit meskipun informative
1. media rumit dan tidak informative

ALUR BERFIKIR
3. Logis dan sistematis
2. logis tetapi tidak sistematis
1. tidak logis dan acak

KEPERCAYAAN DIRI
3. mantap, lugas dan tenang
2. ragu-ragu, lugas, tenang
1. ragu-ragu, berbelit, tidak tenang.

LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MENANGGAPI PRESENTASI



No
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jumlah skor
Kesesua ian deng an masalah
Sikap dal am menang gapi
Alur berfikir
Kandung an infor masi baru
3
3
3
3
12
1






2






3






4






5






Dst








Keterangan : dengan materi


KESESUAIAN DENGAN MASALAH
3. Tanggapan sesuai dengan masalah
2. tanggapan sedikit menyimpang dari masalah
1. tanggapan tidak sesuai dengan masalah

SIKAP DALAM MEMBERI TANGGAPAN
3. tenang, sesuai konteks, ringkas
2. sesuai konteks, tenang, bertele-tele
1. tidak sesuai konteks, emosional, bertele-tele

ALUR BERFIKIR
3. logis dan sistematis
2. logis tetapi tidak sistematis
1. tidak logis dan acak

KANDUNGAN INFORMASI BARU
3. Tanggapan memberi informasi baru sesuai dengan materi
2. tanggapan mengandung informasi baru, namun tidak sesuai materi
1. tanggapan tidak mengandung informasi baru dan keluar dari materi









LEMBAR PENILAIAN
PORTOPOLIO HASIL PENUGASAN



No
Nma peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jum lah skor
Ketepatan menyelesa ikan tugas
Keleng kapan
Kesesua ian dengan materi
Kualitas materi laporan
3
3
3
3
12
1






2






3






4






5






dst







KETERANGAN:

KETEPATAN MENGUMPULKAN TUGAS
3. sesuai dengan janji
2. terlambat namun belum sampai waktu presentasi
1. terlambat, melebihi waktu presentasi

KELENGKAPAN
3. ada semua komponen tugas
2. ada satu bagian komponen yang tidak ada
1. ada lebih dari satu bagian yang tidak ada

KESESUAIAN DENGAN MATERI
3. tugas yang dikumpulkan sesuai dengan materi
2. tugas keluar dari materi
1. tidak sesuai dengan materi

KUALITAS MATERI LAPORAN
3. lengkap, logis, sistematis, sesuai tujuan
2. logis, sistematis, sesuai tujuan, tidak lengkap
1. logis, tidak sistematis, tidak sesuai tujuan, kurang lengkap











LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MELAKUKAN PENGAMATAN



No
Nama perserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jumlah skor
Sesuai sasaran pengamatan
Apa adanya/ kejujuran
Kesesuaian alat bantu pengamatan
3
3
3
9
1





2





3





4





5





dst






Keterangan :
I. SESUAI SASARAN PENGAMATAN
   3. sasaran pengamatan sesuai dengan data yang diminta
   2. ada sasaran pengamatan yang tidak sesuai
   1. sasaran pengamatan salah

II. JUJUR
   3. menuliskan data sesuai hasil pengamatan
   2. sebagian data bukan hasil pengamatan
   3. semua data diambil bukan dari pengamatan

III. KESESUAIAN ALAT BANTU PENGAMATAN
     3. alat pengamatan sesuai dengan obyek
     2. alat pengamatan ada yang tidak sesuai
     1. alat pengamatan tidak sesuai

















LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN ORGANISASI  DATA


No
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal
Jumlah skor
Keleng-kapan
Kesesuaian dengan masalah
Keju-juran
Siste-
matik
3
3
3
3
12
1






2






3






4






5






dst







Keterangan :
I. KELENGKAPAN
   3. mencatat semua data yang dibutuhkan untuk mengambil kesimpulan
   2. mencatat data yang perlu tambahan data dan untuk mengambil kesimpulan
   1. data tidak cukup untuk mengambil  kesimpulan

II. KESESUAIAN DENGAN MASALAH
    3. data sesuai dengan masalah
    2. ada data yang menyimpang dari masalah
    1. data tidak sesuai dengan masalah

III. KEJUJURAN
     3. data sesuai dengan hasil pengamatan sendiri
     2. ada data yang diperoleh dari bukan pengamatan sendiri
     1. data bukan dari hasil pengamatan sendiri

IV. SISTEMATIKA
      3. susunan data memudahkan analisis dan pemaknaan
      2. data tersusun rapi tapi tidak terpola
      1.  data tidak rapi  dan tidak berpola
 






















 





















 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar